Miris, Kondisi Dua Ambulans Milik RSUD Natuna

Miris, Kondisi Dua Ambulans Milik RSUD Natuna

Dua ambulans milik RSUD Natuna dikabarkan tak layak. (Foto: Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Sejumlah warga mengeluhkan kondisi ambulans milik RSUD Natuna yang dinilai kurang layak. Mulai dari sirine hingga fasilitas di atasnya.

Batamnews berkesempatan berbincang dengan salah seorang sopir ambulans RSUD Natuna. Tak dipungkiri keluhan masyarakat itu pun diakui pria tersebut.

Ia tak menampik kendaraan yang dikemudikannya tersebut memang sudah tak layak.

"Yang satu lampu sirene tak berbunyi lagi. Lampunya saja kami tempel menggunakan lakban supaya tidak copot. Kemaren yang satunya lagi tak ada rem tangannya. Namun baru-baru ini sudah dipasang," terangnya.

Sirene diakuinya memang sangat penting pada saat ambulans membawa pasien pasien yang sedang darurat. Tidak hanya itu, mesin pendingin atau AC di kedua mobil ambulans tersebut juga tidak ada. 

Kedua mobil ambulans yang dimiliki RSUD Natuna tersebut tidak dilengkapi dengan alat alat medis untuk proses pertolongan pertama bagi pasien gawat darurat. 

Selain life support, menurut penuturan para sopir, selama ini mobil ambulans tidak pernah disertai petugas medis ataupun perawat saat melakukan penjemputan pasien. 

Ambulans VIP

Namun sebenarnya diakui sopir tersebut, RSUD Natuna punya satu mobil ambulans yang bagus. Hanya saja, jarang dipakai untuk masyarakat biasa.

Mobil tersebut lebih sering diparkir didepan komplek perumahan dokter spesialis ketimbang dipergunakan untuk penjemputan pasien. 

"Kalau mobil ambulans yang bagus itu, kata pimpinan hanya boleh untuk penjemputan pasien-pasien VIP, tak boleh untuk beroperasi menjemput masyarakat biasa," ucap sopir ambulans.

Terkait hal ini, saat dikonfirmasi manajemen RSUD Natuna menampik kabar jika ambulans tersebut jarang dipergunakan dan hanya digunakan untuk menjemput pasien VIP saja

"Kenapa diparkir di bawah, karena diatas lokasi parkir sudah penuh," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr. Ari Fajarudi kepada Batamnews. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews