Mobil Ambulans RSUD Natuna Memprihatinkan, Ada yang Sudah Karatan

Mobil Ambulans RSUD Natuna Memprihatinkan, Ada yang Sudah Karatan

Kondisi dua unit mobil ambulans RSUD Natuna, tampak bodinya sudah ada yang karatan (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna, Batamnews - Kondisi dua unit mobil ambulans di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna, memprihatinkan. Tampak bodi mobil juga sudah karatan, lampu sirene juga sudah tak berbunyi lagi.

"Lampu nya saja kami tempel menggunakan lakban supaya tidak copot. Kemarin yang satunya lagi tak ada rem tangannya. Namun baru-baru ini sudah dipasang," ucap supir ambulans RSUD yang enggan namanya disebutkan kepada Batamnews, Minggu (1/8/2021) lalu.

Supir menilai, bunyi sirene ambulans sangat penting. Terutama ketika ambulans tersebut membawa pasien yang sedang darurat. Tidak hanya itu, mesin pendingin atau AC di kedua mobil ambulans tersebut juga tidak ada.

Ditambah, kedua mobil yang dimiliki RSUD Natuna tersebut tidak dilengkapi dengan alat-alat medis untuk proses pertolongan pertama untuk pasien gawat darurat.

Baca: Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 Gratis di Natuna 4-5 Agustus 2021

Bukan hanya peralatan medis dan life support/life saving/bantuan hidup yang tidak memadai, namun menurut penuturan para sopir, selama ini mobil ambulans tidak pernah disertai petugas medis ataupun perawat saat melakukan penjemputan pasien.

Terlepas dari itu, sebenarnya RSUD Natuna masih memiliki satu lagi mobil ambulans yang baru dengan kondisi dan fasilitas yang memadai. Tapi, mobil tersebut lebih sering diparkir di depan komplek perumahan dokter spesialis dari pada dipergunakan untuk penjemputan pasien.

"Kalau mobil ambulans yang bagus itu kata pimpinan hanya boleh untuk penjemputan pasien-pasien VIP, tak boleh untuk beroperasi menjemput masyarakat biasa," sebut supir.

Sementara itu, pihak RSUD Natuna ketika dikonfirmasi terkait ambulans yang terparkir tersebut mengatakan bahwa ambulans tersebut tetap dioperasikan.

Baca: Duh Bahaya, Tiang Listrik Jalan Trans Batubi-Kelarik Banyak yang Tumbang

Management RSUD bahkan menampik kabar jika ambulans tersebut jarang dipergunakan dan hanya digunakan untuk menjemput pasien-pasien tertentu saja.

"Kenapa diparkir dibawah, karena di atas lokasi parkir sudah penuh," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, dr Ari Fajarudi kepada Batamnews, belum lama ini.

Pernyataan dari pihak management RSUD Natuna tersebut bertolak belakang dengan fakta di lapangan dan penuturan para supir ambulans itu sendiri.

Pasalnya, satu unit ambulans baru tersebut memang dengan alasan yang kurang jelas, jarang dipergunakan untuk penjemputan masyarakat umum.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews