PKS Tanjungpinang Bentuk TRC Covid Bantu Warga Jalani Isoman

PKS Tanjungpinang Bentuk TRC Covid Bantu Warga Jalani Isoman

Warga Tanjungpinang yang tengah menjalani isoman dapat paket nutrisi dari TRC Covid-19 PKS (Foto:ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tanjungpinang, membentuk Tim Reaksi Cepat Covid-19 (TRCC) untuk membantu pemerintah dalam menangani virus Corona di Tanjungpinang. Utamanya dalam memenuhi nutrisi atau pangan warga yang menjalani isolasi mandiri.

Ketua DPD PKS Tanjungpinang Ismiyati melalui Sekretaris DPD PKS Tanjungpinang Raja Dachroni mengatakan, TRC yang dibentuk PKS merupakan aksi nyata PKS sebagai partai pelayan masyarakat untuk terus hadir mengatasi berbagai problem yang dihadapi masyarakat utamanya saat ini adalah Covid-19.

"Kita bentuk TRCC untuk hal ini akan diketuai langsung salah satu ketua bidang yang ada di pengurus DPD. Dalam hal ini kita gunakan pendekatan berbasis komunitas RT/RW atau kelurahan nanti teman-teman di DPC dan DPD yang sudah kita lantik sebelumnya juga kita libatkan," kata Raja Dachroni.

Baca juga: PPKM Level 4 di Tanjungpinang dan Batam Diperpanjang hingga 9 Agustus

Ada empat tim yang dibentuk untuk mengatasi masalah pandemi di Kota Tanjungpinang. Pertama, Tim Respon Lapangan. Tim ini bertugas menerima aduan dari anggota yang bergejala kemudian mengarahkannya untuk tes antigen.

"Jadi dibuat sistem kupon tes antigen gitu, untuk anggota yang memerlukan bisa mengajukan dan nanti diarahkan ke klinik kesehatan yang menjadi mitra," ujarnya.

Tim ini juga membantu pendampingan laporan ke RT/RW dan puskesmas. Tugas lainnya adalah suplai logistik, koordinasi dengan tim assessment dan membantu juga konsultasi psikologis pasien dan keluarganya.

Kedua, Tim Assessment. Tim ini melakukan assessment berkala terhadap pasien Covid-19 yang sedang isoman. Dikepalai oleh anggota yang berprofesi sebagai dokter. Anggotanya juga ada yang dokter, apoteker, bidan dan ibu-ibu Posyandu.

 

Mereka menerima laporan kondisi terkini dari tim respon lapangan dan keluarga pasien yang mendampingi. Melalui sambil telepon atau pesan WhatsApp. Kalau resep diperlukan, maka dibuatkan resep terus forward ke apoteker. Nanti tim lain yang akan mengantarkannya ke rumah pasien.

Ketiga, Tim Logistik dan Fundraising. Tim ini bertugas mengatur suplai dana untuk logistik makanan yang lagi isoman, suplai alat-alat kesehatan. Jadi mereka juga mencari-cari APD, termometer, oximeter, tabung oksigen dan lain-lain.

Kemudian alat-alat ini disimpan di posko dan diedarkan kepada yang membutuhkan. Suplai obat-obatan dan vitamin juga, termasuk tentu saja mencari donatur yang mau diajak ikut serta dalam program kebaikan tersebut.

Baca juga: Tes CPNS Tanjungpinang, Satpol PP Paling Diminati

Keempat, Tim Evakuasi ke RS. Tim ini teramat penting karena tugasnya mencari informasi ke jaringan RS. Sekarang ini susah dapat karena RS selalu penuh.

"Tim ini coba telepon sana-sini. Telepon RS, Dinkes, Puskesmas dan lain-lain. Pokoknya semaksimal mungkin harus dapat ketika ada pasien yang benar-benar harus mendapatkan perawatan lebih," sebutnya.

"Kita juga membuka open rekrutmen relawan untuk masyarakat yang ingin terlibat bergabung dalam TRCC ini, semoga Covid segera selesai jika kita bersatu Insya Allah bisa, Insya Allah seluruh tim juga sudah dilatih via daring Sabtu hingga Ahad dan sudah mendapatkan pembekalan pencegahan dan penanganan Pasien Covid-19," sambung Dachroni.

"Saat ini kita sudah memberikan ratusan paket nutrisi untuk warga yang terpapar virus Covid dananya berasal dari urunan aleg dan simpatisan PKS," pungkasnya.

(ruz)