Kasus Sembuh Meningkat, Apindo Harap Status PPKM di Batam Jadi Level III

Kasus Sembuh Meningkat, Apindo Harap Status PPKM di Batam Jadi Level III

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), akan berakhir pada 2 Agustus 2021. Penerapan PPKM ini sebelumnya diperpanjang dari status yang awalnya PPKM Mikro dan Darurat.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batam, Rafky Rasyid berharap status PPKM di Batam bisa turun menjadi Level III. Karena menurutnya, angka kasus Covid-19 di Batam sudah mulai menurun.

“Dan juga tingkat kesembuhan semakin meningkat,” ujar Rafky, Sabtu (31/7/2021).

Tidak hanya itu, aktivitas vaksinasi Covid-19 juga terus berjalan. Oleh karena itu, menurut Rafky kondisi tersebut memudahkan Batam untuk menurunkan level PPKM. Namun jika PPKM level IV ini diperpanjang, Ia mengaku tetap mendukung kebijakan tersebut.

“Tetap dukung karena pemerintah tentunya mempunya data yang lengkap dan pendapat para ahli terkait, walau bagaimana pun masalah kesehatan masyarakat harus diutamakan dibanding urusan lainnya,” kata dia.

Baca: Tutup Bulan Juli, Kasus Baru Positif Covid-19 di Batam Turun Drastis

Ia berpandangan ketika masalah kesehatan masyarakat bisa ditangani dengan baik, maka permasahalan ekonomi juga akan tertangani dengan baik.

Akan tetapi, pihaknya meminta agar pemerintah dapat serius lagi mendata masyarakat yang berdampak karena PPKM. Karena dari informasi yang diterimanya, masih ada masyarakat yang harusnya diberikan bantuan pemerintah, namun belum mendapat bantuan.

“Sebagai contoh para supir taksi pangkalan,” ucapnya.

Dari sisi pengusaha, pihaknya juga mengharapkan agar di masa sulit ini, insentif dari pemerintah tetap diberikan. Agar dapat bertahan sampai PPKM nanti dilonggarkan atau sampai pandemi Covid-19 bisa dikendalikan.

Sejalan dengan itu, Rafky menambahkan pihaknya tetap mendukung pemerintah dengan berbagai aksi sosial untuk masyarakat di masa PPKM ini.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa terbantu. Harapan kita agar penularan Covid-19 di Batam bisa cepat terkendali dan Herd Immunity bisa terbentuk di masyarakat. Dengan begitu beban ekonomi yang saat ini dialami seluruh lapisan masyarakat bisa terangkat,” pungkasnya.

(ret)