MotoGP Malaysia

Ini Syarat Rossi untuk Juara Dunia

Ini Syarat Rossi untuk Juara Dunia

Valentino Rossi. (foto: ist/afp)

BATAMNEWS.CO.ID, Sepang - Perhelatan balap motor MotoGP 2015 masih menyisakan satu seri  lagi. Balapan pamungkas akan berlangsung di The Circuito de la Comunitat, Valencia, 8 November 2015 mendatang.

Hingga serie ke-17, rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi masih memimpin klasemen sementara pembalap dengan 312 atau terpaut 7 poin dari rekan satu timnya, Jorge Lorenzo.

Sayang, kerja keras Rossi untuk menjadi juara dunia sejak awal musim, 12 Maret 2015, terancam sirna. Pembalap Italia itu diberi sanksi karena dianggap menjatuhkan rider Repsol Honda Marc Marquez di tikungan ke-14 pada GP Malaysia, di Sepang International Circuit, Malaysia (25/10/2015).

Kendati Rossi berkelit dengan menyatakan tidak tahu penyebab Marquez jatuh, Grand Prix Commission MotoGP langsung melakukan investigasi dan menjatuhkan hukuman tiga poin. Selain itu, Rossi akan memulai balapan serie Valencia pada urutan terakhir.

Sesuai regulasi MotoGP, pebalap yang melakukan aksi berbahaya bisa mendapat ganjaran penalti dengan sistem poin 1 hingga 10.

Bila mendapat hukuman empat poin, pebalap harus mengawali balapan di urutan terakhir. Seandainya dihukum tujuh poin, mereka diwajibkan memulai balapan di pit lane. Ketika poin penaltinya mencapai 10, pembalap dilarang mengikuti lomba satu serie.

Berdasarkan statistik, Rossi bisa tampil sebagai juara dunia dengan catatan minimal menjadi runner-up pada GP Valencia, 8 November. Juara dunia juga menjadi milik Rossi, seandainya Lorenzo tidak mampu menyelesaikan balapan.

Saat ini tim Movistar Yamaha melakukan banding atas putusan tersebut.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews