Stok Vaksin Habis, Karimun Setop Sementara Vaksinasi Covid-19

Stok Vaksin Habis, Karimun Setop Sementara Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau terhenti mulai hari ini, Senin (19/7/2021).

Penyebab terhentinya vaksinasi adalah tidak adanya stok vaksin. Kondisi serupa juga pernah terjadi di Kota Batam, beberapa waktu lalu.

"Vaksinasi kita setop dulu, karena vaksin yang mau kita berikan stoknya habis, mulai hari ini tidak ada penyuntikan vaksin di Puskesmas maupun posko vaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi, saat dikonfirmasi Batamnews, Senin siang.

Menyikapi kekosongan vaksin, Pemkab Karimun sudah meminta ke Pemprov Kepri agar vaksinasi dapat didistribusikan.

Baca: Apindo Geber Vaksinasi, Cahya: Batam Kunci Ekonomi

Hanya saja, diketahui bahwa Pemprov Kepri juga tengah kehabisan stok vaksin, dan juga sedang menunggu kiriman dari pemerintah pusat.

Saat ini untuk persediaan stok vaksin hanya ada di posko vaksin Polres Karimun, namun jumlahnya terbatas.

"Di Polres mungkin masih ada, tapi itu juga tidak banyak lagi," ujarnya.

Sejauh ini, Pemkab Karimun telah melakukan vaksinasi pada masyarakat sebanyak 68,5 persen untuk dewasa, dan sekitar 30 persen untuk usia remaja.

"Kalau vaksin putus dan lambat pengirimannya, gimana mau mempercepat vaksinasi," ucap Rachmadi.

Baca: Akhirnya Jokowi Beberkan Vaksin Terbaik Melawan Covid-19

Sementara itu, Rachmadi menyebutkan bahwa animo masyarakat untuk divaksin sangat tinggi hingga menyebabkan petugas di posko-posko vaksin sempat kewalahan.

"Sebenarnya ini kesempatan bagus, agar vaksinasi dapat merata. Dulu kita yang mencari-cari warga untuk vaksin, sekarang warga yang mencari kita untuk vaksin," katanya.

(aha)
Komentar Via Facebook :