Pfizer dan Moderna Ujicoba Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Pfizer dan Moderna Ujicoba Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Ilustrasi.

California - Moderna dan Pfizer-BioNTech melakukan uji coba vaksin Covid-19 untuk anak di bawah 12 tahun. 

Hasil diharapkan keluar dalam waktu dekat, dan pejabat FDA akan membutuhkan waktu untuk meninjau keamanan dan efektivitas vaksin.

FDA meminta empat hingga enam bulan data uji klinis sebagai tindak lanjut keamanan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun. Data tambahan tersebut dapat mempermudah proses pemberian persetujuan penuh.

Baca: 50 Juta Dosis Vaksin Pfizer Masuk RI Tahun Ini

Pfizer mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada NBC News bahwa pihaknya mengantisipasi hasil uji klinisnya pada anak-anak usia 5 hingga 11 sekitar bulan September, dan kemudian dapat mengajukan permohonan otorisasi penggunaan darurat. 

"Data untuk anak-anak berusia 2 dan di bawah 5 tahun dapat tiba segera setelah itu," dalam pernyataan resminya.

Diperkirakan hasil data uji klinis vaksin pada anak-anak usia 6 bulan hingga 2 tahun mungkin tidak akan dirilis hingga Oktober atau November 2021. Kondisi ini juga dialami Moderna.

Baca: Pfizer: Antibodi Turun 6 Bulan Usai Vaksin, Bisa Kena Delta

"Hasil pada anak-anak berusia 5 tahun ke bawah mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan," ujar dr. Buddy Creech, salah satu peneliti utama untuk uji klinis Moderna KidCOVE, yang mencakup anak-anak berusia 6 bulan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews