Rudi: Batam Bertubi-tubi Diserang Covid, PPKM Tambah 11 Hari Sampai 2 Agustus

PPKM Darurat di Kota Batam. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam, Batamnews -  PPKM Darurat di Kota Batam dipastikan akan diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Hal ini diungkapkan Wali Kota Batam, Rudi saat berjumpa warga dalam pembagian bantuan sosial di Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar, Kota Batam, Minggu (18/7/2021).

"Sembilan hari, ditambah 11 hari lagi. Makanya berlanjut hingga 2 Agustus. Suratnya (Senin, 19/7/2021) besok turun," ucap Rudi kepada puluhan warga.

Baca juga: Rudi Ungkap Kemungkinan PPKM Darurat di Batam Hingga Agustus

Rudi mengatakan, pihaknya tak ingin masyarakat memberikan tanggapan negatif ke pemerintah. "KIta tak ingin dapat isu negatif. Tujuan pusat dan daerah itu (memberlakukan PPKM) ingin selamatkan kita semua," tegasnya.

Disebutkan Rudi, upaya berobat ke rumah sakit jika terkena Covid bukanlah solusi utama dalam mengatasi pandemi ini. "Obatnya adalah bagaimana kita bisa jaga jarak (tidak tertular dan menulari)," sebut dia.

Serangan penularan Covid di Batam diakuinya kini sedang masif. Upaya penyekatan dan pembatasan kegiatan masyarakat merupakan bagian dari menghambat laju penularan itu.

"Kita tak tahu yang hadir disini misalnya tertular Covid. Pastilah bisa menularkan ke yang lain. Batam sedang dapat serangan Covid bertubi-tubi. Hari ini saja sudah 3 ribu yang positif (kasus aktif). Itu yang terdeteksi saja," terangnya.

Baca juga: PPKM Darurat, Armada Kapal di Batam Kurangi Trip hingga Berhenti Operasi 

Dengan PPKM darurat sebelumnya, kata Rudi dengan disekat 9 hari, ditambah 11 hari menjadi 20 hari kegiatan masyarakat dibatasi.

Jikapun ada warga yang ada virus Covid di tubuhnya, kendati tidak bergejala disebutkan Rudi dengan membatasi pertemuan dengan orang lain dalam jangka waktu tertentu, bisa menghambat penularan.

"Kita cuma tahu yang terdeteksi. Belum yang tak teredeteksi. Mudah-mudahan dengan waktu itu dengan membatasi kegiatan. Virus yang ada ditubuh kita sudah mati. Semoga Allah mengizinkan pandemi ini segera berlalu. Makanya untuk sementara waktu (batasi kegiatan)," ujarnya.

(fox)
VIDEO DARI BATAMNEWS :