Instagram Rilis Fitur Baru, Cek Akun yang Pernah Di-hack

Instagram Rilis Fitur Baru, Cek Akun yang Pernah Di-hack

Instagram

Batam, Batamnews - Aplikasi media sosial Instagram memperkenalkan fitur baru yang dapat mengecek keamanan akun yang pernah diretas atau di-hack. Instagram akan menampilkan pemeriksaan keamanan sebelum pengguna masuk ke akun pribadinya. 

Dengan begitu akun akan melapisi keamanan untuk menghindari potensi peretasan. Fitur itu akan memandu pengguna melalui langkah-langkah keamanan, termasuk mengonfirmasi akun lain yang membagikan informasi login, meninjau aktivitas login, dan memperbarui informasi lewat kontak pemulihan. 

Instagram juga berencana untuk menambahkan dukungan otentikasi dua langkah melalui WhatsApp, selain opsi nomor telepon dan aplikasi autentikator saat ini. 

Dikutip India Today, Instagram mengatakan akan mengirim pesan email, dan pengguna dapat memeriksa apakah email itu asli dari Instagram dengan melihat tab "Email dari Instagram" di pengaturan. 

Dikutip The Verge, fitur keamanan itu diluncurkan di tengah gelombang email pengaturan ulang kata sandi baru-baru ini yang telah mengacaukan kotak masuk beberapa orang. 

Email itu terlihat resmi dari Instagram dan kemungkinan dari bot yang mencoba mengakses banyak akun sekaligus. 

Pesan itu dikirim kepada pengguna beberapa kali sekaligus. Namun begitu bukan berarti akun Instagram Anda telah diretas. 

Namun jika Anda merasa khawatir akun Instagram ada disusupi orang lain, maka dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 

 

1. Gunakan password Instagram yang unik

Meski terdengar sederhana, cara ini menjadi langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah peretasan akun. Gunakan password yang berisikan kombinasi angka, huruf, dan tanda baca. 

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan password berupa tanggal lahir atau nama sendiri karena sangat mudah ditebak orang lain. 

Untuk membuatnya lebih aman lagi, gunakan password yang berbeda-beda untuk tiap akses masuk ke berbagai platform.

 

2. Batalkan akses aplikasi pihak ketiga

Pengguna Instagram tanpa disadari kerap mengizinkan akses pada aplikasi pihak ketiga. Biasanya seperti aplikasi untuk mengedit foto dan aplikasi preview foto sebelum diunggah. Untuk memeriksanya, buka pengaturan pada akun -> kemudian buka Security. 

Selanjutnya buka Apps and Website untuk melihat daftar aplikasi pihak ketiga yang diizinkan. Jika terdapat aplikasi yang mencurigakan atau tak digunakan lagi, hapus akses tersebut. 

 

3. Otentikasi Dua Faktor pada Instagram

Lewat cara ini pengguna dapat menerima kode melalui SMS yang harus dimasukkan saat hendak login. 

Namun pesan itu dikirim hanya pada nomor yang memiliki akun tersebut. Sebelum mengaktifkannya, pastikan nomor ponsel Anda telah terdaftar pada akun. 

Setelah itu Buka Settings ->Security -> lalu Two-Factor Authentication. Selanjutnya aktifkan Text Message.

Namun, saat ini Instagram telah meningkatkan fitur tersebut menambahkan Authentication App. Hampir sama dengan kode yang dikirim melalui SMS, Instagram kini telah bekerja sama dengan aplikasi pihak ketiga untuk menghasilkan kode login. 

Caranya buka Settings -> Security -> Two-Factor Authentication -> lalu aktifkan Authentication App. Instagram merekomendasikan aplikasi pihak ketiga bernama Duo namun pengguna juga dapat menggunakan aplikasi sejenis lainnya. 

 

4. Periksa aktivitas akun Instagram

Hal ini dianggap perlu dilakukan untuk mengecek apabila ternyata selama ini orang lain telah mengakses akun Anda secara diam-diam. 

Anda dapat melakukannya pada Pengaturan yang ada di Instagram. Lalu pada halaman Security pilih Login Activity. 

Di sana akan terlihat informasi mengenai aktivitas login akun Anda termasuk lokasi, perangkat yang digunakan, dan juga tanggal akses. Jika terdapat akses yang mencurigakan, Anda dapat segera mengeluarkannya dari akun Anda.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews