5 Kegiatan Favorit Netizen Saat Ramadan

5 Kegiatan Favorit Netizen Saat Ramadan

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Besok kita memasuki bulan puasa. Ini adalah Ramadan kedua di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan netizen pun diprediksi akan ada perubahan.

Pandemi yang tak kunjung usai membuat netizen menyambut bulan Ramadan dengan suasana berbeda. Daripada tidur seharian, netizen melakukan sejumlah aktivitas.

Data yang dirilis dari Laporan Interaktif Facebook IQ edisi Ramadan dan Idul Fitri memaparkan perilaku netizen di media sosial yang berubah selama bulan suci Ramadan. Dalam laporan ini juga disebutkan bagaimana cara mereka melakukan kegiatan ngabuburit serta perangkat yang digunakan saat ngabuburit di rumah saja.

Survei online ini dilakukan oleh YouGov atas permintaan Facebook terhadap 1.575 WNI berusia di atas 18 tahun, dengan periode survei dari tanggal 23 Mei hingga 13 Juni 2020. Responden bisa menjawab lebih dari satu pilihan jawaban, yang berarti ada beragam kegiatan yang mereka lakukan selama bulan Ramadan.

Melansir Facebook, Senin (12/4/2021), berikut berbagai kegiatan netizen di sosial media saat Ramadhan:

1. Interaksi sosial

Di urutan pertama, sebanyak 59% netizen Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp selama Ramadan. Aplikasi ini menjadi pilihan utama mengalahkan aplikasi lainnya, seperti Instagram (33%) dan Facebook (32%).

Hal ini mengindikasikan bahwa netizen Indonesia sangat suka berinteraksi lewat aplikasi pesan instan selama bulan Ramadan.

2. Beribadah

Bulan suci Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan pengampunan. Kedatangan bulan ini selalu disambut bahagia oleh umat muslim. Pandemi yang berkepanjangan tidak menghalangi umat muslim untuk beribadah.

Ini terlihat dari hasil survei online, 55% umat muslim mengunduh aplikasi keagamaan serta tetap mengikuti siaran doa di rumah.

3. Beramal

Beramal dan bersedekah di bulan Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri. Melalui survei ini, diketahui 53% umat muslim memberikan sumbangan atau menjadi sukarelawan di berbagai media sosial (29%), salah satunya melalui Facebook.

4. Belanja online

Hasil riset mencatat sebanyak 43% pengguna media sosial menggunakan waktunya untuk berselancar di platform belanja online. Lebih lanjut dipaparkan bahwa netizen tidak hanya berbelanja untuk kebutuhan sendiri, melainkan juga untuk diberikan kepada orang lain.

5. Menonton video online

Menjalani ibadah puasa Ramadan di masa pandemi membuat kegiatan menonton video online menjadi hal yang mengasyikkan. Tercatat 39% persen pengguna menonton video, baik untuk mencari hiburan, mempelajari menu makanan khas Ramadan, maupun menonton berbagai video tutorial.

Dari yang menonton itu, perangkat yang dipakai menonton dari smartphone adalah 86%, laptop dan PC (33%).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews