Soal Adu Penalti, Pique Sebut Italia Lebih Diuntungkan

Soal Adu Penalti, Pique Sebut Italia Lebih Diuntungkan

Spanyol disingkirkan Italia lewat adu penalti di semifinal Euro 2020 (Foto: Getty Images/Matt Dunham - Pool)

London, Batamnews - Gerard Pique memuji kiprah Spanyol di Euro 2020 meski tersingkir di semifinal. Pique juga mengomentari soal adu penalti antara Spanyol dan Italia.

 

Langkah Spanyol di Piala Eropa 2020 terhenti di babak semifinal. La Furia Roja harus angkat koper setelah kalah dari Italia lewat adu penalti dengan skor 2-4 dalam pertandingan di Stadion Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Spanyol yang sempat kebobolan lebih dulu oleh gol Federico Chiesa pada menit ke-60 kemudian menyamakan kedudukan lewat gol Alvaro Morata pada menit ke-80. Skor 1-1 bertahan hingga babak perpanjangan waktu hingga membuat laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Gerard Pique menyoroti adu penalti antara Spanyol dan Italia. Menurutnya, tim yang menendang pertama lebih diuntungkan.

"Bukan kebetulan kalau dalam empat penalti terakhir di Euro 2020 dan Copa America, tim yang menendang pertama keluar sebagai pemenang," Pique menulis di akun Twitter-nya seperti dilansir Football Espana.

"Statistik menunjukkan kalau menendang lebih dulu memberi Anda lebih banyak opsi dan di turnamen seperti ini, kelihatannya tidak adil buat saya ketika hasil imbang harus membuat Anda memulai dalam posisi yang tidak diuntungkan," katanya.

Italia memang menendang lebih dulu dalam adu penalti saat menghadapi Spanyol. Manuel Locatelli maju sebagai eksekutor, tapi bola tendangannya ditepis oleh Unai Simon.

Penendang pertama Spanyol, Dani Olmo, kemudian juga gagal mengonversi penalti jadi gol. Tendangannya melambung di atas gawang.

Para penendang Italia dan Spanyol kemudian sukses menjalankan tugasnya hingga kedudukan 3-2 untuk keunggulan Gli Azzurri. Namun, Alvaro Morata yang jadi penendang keempat Spanyol kemudian gagal menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Kegagalan Morata memberi keuntungan untuk Italia. Jorginho yang maju sebagai eksekutor Italia berikutnya sukses mengecoh Unai Simon untuk menyegel kemenangan timnya.

"Turnamen yang luar biasa dari timnas. Bangga. Sampai ke semifinal Euro ada banyak kebaikannya," kata Pique memuji kiprah Spanyol di Euro 2020.

"Saya kira tidak ada tim yang lebih baik di kompetisi ini, tapi penalti kadang kejam."

Hasil Spanyol di Euro 2020 ini lebih baik jika dibandingkan dengan Euro 2016. Di Euro 2016, Spanyol tersingkir di babak 16 besar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews