Sudah Lebih 30 Ribu Warga Natuna Disuntik Vaksin Covid-19

Sudah Lebih 30 Ribu Warga Natuna Disuntik Vaksin Covid-19

Ilustrasi

Natuna, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), gencar melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Dikutip Batamnews dari laman resmi Pemkab Natuna, data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi Covid-19 di kabupaten tersebut per 2 Juli 2021, sebanyak 32.303 orang sudah divaksin.

Adapun rinciannya yakni, 32.434 (57,55 persen) orang yang disuntik vaksin dosis pertama, dan 2.869 (8,85 persen) yang sudah menerima suntikan dosis kedua.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Natuna, Hikmat Aliansyah mengatakan, jumlah sasaran vaksinasi di Kabupaten Natuna adalah 56.354. Artinya, sasaran yang belum divaksin ada 23.920 orang atau 42.45 persen lagi.

Baca juga: Tingkah Kocak Bapak-bapak di Natuna Takut Disuntik, Teriak Histeris hingga Peluk Nakes

"Yang perlu dipahami masyarakat adalah, sebelum mereka divaksin, akan ada namanya proses screening, dalam proses ini tenaga medis akan mengidentifikasi apakah kondisi kesehatan masyarakat memenuhi standar kesehatan untuk divaksinasi," kata dia, Jumat (2/7/2021).

Hikmat yang juga merupakan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Natuna ini menjelaskan, terkait banyaknya berita hoaks yang tersebar mengenai vaksin, pemerintah terus melakukan edukasi dan sosialiasi mengenai prosedur pelaksanaan vaksin.

Jika kondisi calon penerima vaksin dalam keadaan sehat baru dilakukan proses vaksinasi. Bahkan setelah proses vaksinasi, warga akan diberikan obat untuk mengurangi efek yang timbul setelahnya dan jika ada efek yang cukup berat, dapat menghubungi nomor tenaga kesehatan yang terdapat pada kartu vaksin yang diterima.

"Kami harap dengan prosedur tersebut masyarakat tidak lagi takut untuk divaksin. Karena proses vaksin dilakukan dengan standar kesehatan,” pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews