Viral Pinjaman Online Tembus Ratusan Juta, Bagaimana Trik Memilihnya?

Viral Pinjaman Online Tembus Ratusan Juta, Bagaimana Trik Memilihnya?

ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Batam, Batamnews - Pinjaman online beberapa waktu terakhir ini ramai dibicarakan. Selain cukup menggiurkan, karena bisa mengajukan pinjaman tanpa harus datang langsung ke lembaga pemberi pinjaman, jumlah pinjaman yang ditawarkan bisa mencapai ratusan juta. Apalagi di masa pandemi ini, beberapa orang membutuhkan banyak dana untuk bertahan hidup maupun modal usaha, sehingga keberadaan pinjaman online dapat menjadi solusi yang menguntungkan.

Baca juga: OJK: Hati-Hati Penawaran Pinjaman Online Lewat SMS dan Whatsapp

Sayangnya sebagian orang kurang berhati-hati dalam memilih pinjaman online, sehingga alih-alih untung malah rugi besar. Bahkan tak sedikit yang mengalami penipuan. Supaya hal ini tak sampai terjadi, begini trik memilih pinjaman online terpercaya dan cepat cair.

Pastikan Terdaftar di OJK

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan aplikasi pinjaman online sudah terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum. Legalitasnya bisa dicek langsung di website OJK. Dengan begitu, semua proses bisnis keuangan yang tersedia di aplikasi maupun perusahaan tersebut bisa dipastikan sudah diverifikasi, sekaligus telah mendapatkan pengawasan langsung dari OJK.

Pilih Pinjaman Online Bebas BI Checking

Apabila menginginkan pinjaman online untuk banyak kebutuhan yang lebih cepat cair, pilihlah pinjaman yang bebas BI Checking. Artinya, pinjaman multiguna untuk berbagai kebutuhan bisa dilakukan, tanpa prosedur pengecekan data nasabah di BI Cheking atau SLIK OJK. Masing-masing perusahaan menawarkan maksimum pinjaman yang berbeda, tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Periksa dengan Benar Kontrak Perjanjian

Sebelum mengambil keputusan, pastikan periksa dan memahami dengan benar kontrak perjanjian yang ditawarkan dari pinjaman online. Tujuannya untuk mengetahui beragam ketentuan pinjaman, baik dari bunga, denda pinjaman, serta cara penagihan ketika jatuh tempo. Langkah ini untuk menjauhkan beragam kerugian di kemudian hari.

Jangan Mudah Terlena, Tetap Sesuaikan dengan Kebutuhan

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan pinjaman online memang kerap bikin terlena. Misalnya yang sering ditemui pinjaman agunan BPKB, atau pinjaman dana tunai berbunga rendah dengan jaminan BPKB mobil maupun sepeda motor.

Baca juga: Google Disebut Sebabkan Kasus Pinjaman Online Ilegal Sulit Diberantas

Padahal, apapun namanya pinjaman online ini tetaplah utang yang juga harus dibayar tagihannya setiap bulan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Jangan sampai memberatkan diri, apalagi sekadar menggunakan pinjaman online untuk hal-hal yang bersifat konsumtif, seperti belanja barang mewah.

Catat Dana Pinjaman dan Bayar Tepat Waktu

Mungkin ini hal sepele, tapi catatlah besarnya dana pinjaman online, termasuk cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Akan lebih baik jika aplikasi pinjaman online yang dipilih punya fitur auto debet. Dengan begitu, bisa membayar tepat waktu. Sebab, daripada harus mengalokasikan dana buat bayar denda, akan lebih baik jika dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

Baca juga: Pemkot Malang Bantu Lunasi Utang Guru TK Terjerat 24 Pinjaman Online

Cobalah terapkan beragam trik tersebut saat melakukan pinjaman online di Tokopedia. Bukan saja terjamin keamanannya, dana pinjaman yang ditawarkan bahkan bisa tembus sampai miliaran. Ini karena Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk soal pinjaman online.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews