Hebat, Kontraktor China Bangun Apartemen 10 Lantai Kurang dari 29 Jam

Blok apartemen 10 lantai di China yang dibangun kurang dari 29 jam. (Foto: tangkapan layar video)

Hunan, Batamnews - Sebuah kontraktor di China menorehkan prestasi membangun apartemen 10 lantai dalam waktu singkat, yakni kurang dari 29 jam.

Kontraktor bernama Broad Group itu menyelesaikan pembangunan blok apartemen di kota Changsha, Provinsi Hunan dengan periode konstruksi terpendek di dunia.

Rekaman yang dibagikan oleh perusahaan menunjukkan tiga derek dan sejumlah besar pekerja mengerjakan bersama-sama gedung tinggi - bernama Living Building - dalam 28 jam dan 45 menit, Daily Mail melaporkan.

Baca: China Berhasil Bangun Rumah Sakit Khusus Coronavirus di Wuhan, Hanya Butuh 48 Jam

Blok tersebut dapat dibangun begitu cepat karena para pekerja sedang merakit unit-unit modular kecil yang telah dipersiapkan di sebuah pabrik sebelum pekerjaan konstruksi akhir.

Unit baja tahan karat berukuran kontainer pengiriman dan diangkut ke lokasi pembangunan menggunakan truk.

Dengan bantuan derek, para pekerja kemudian dapat membangun balok dengan unit-unit individu, sementara pekerja konstruksi lainnya memasangnya di tempatnya. Situasi ini tak ubahnya seperti sedang merakit Lego raksasa.

Baca: Ini Rahasianya China Bisa Bangun Rumah Sakit Dalam 10 Hari

Setiap unit memiliki ukuran panjang 12,19 meter (40 kaki), lebar 2,44 meter (8 kaki) dan tinggi tiga meter (10 kaki).

Saat ditempatkan, satu dinding dari setiap unit dilipat menjadi pelat lantai, sementara jendela dan balkon juga dilipat dari unit untuk menutup ruang.

Setelah struktur disatukan, kontraktor Broad Group dapat memasang sambungan air dan listrik. Luar biasa! Anda penasaran? Simak videonya di sini.

(gea)