Piala Eropa 2020

Sempat Unggul Satu Gol, Hungaria Bertahan dari Gempuran Prancis

Sempat Unggul Satu Gol, Hungaria Bertahan dari Gempuran Prancis

Karim Benzema (Foto: Getty Images/Valerio Pennicino)

Budapest - Timnas Prancis nyaris menelan kekalahan di partai kedua Piala Eropa 2020 melawan Hungaria. Sempat tertinggal lebih dahulu, beruntung Antonie Griezman berhasil menyamakan kedudukan.

Les Bleus pun harus puas bermain imbang pada pertandingan Grup F yang dihelat di Puskas stadium, Sabtu (19/6/2021) malam WIB. Hungaria lebih banyak bertahan setelah unggul satu gol di awal babak pertama.

Satu tembakan itu berujung gol Attila Fiola di injury time babak pertama. Prancis yang membuat 15 attempts hanya mampu bikin satu gol penyama kedudukan lewat Antoine Griezmann di babak kedua.Hanya menambah satu poin, Prancis sementara ke puncak klasemen dengan empat poin, unggul satu poin atas Portugal di posisi kedua, yang menghadapi Jerman malam ini. Hungaria di posisi ketiga klasemen dengan satu poin.

Pada laga kedua ini, Prancis melakukan satu perubahan di posisi bek kiri. Lucas Hernandez digantikan Lucas Digne untuk mempertajam serangan.

Betul saja, Hungaria berada di bawah tekanan Prancis sedari menit awal dan kesulitan mengembangkan permainan. Trio lini serang Prancis Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Karim Benzema diandalkan.

Prancis baru bisa mendapat peluang emas pertamanya di menit ke-14. Mendapat umpan dari Kylian Mbappe, Benzema langsung menyepak bola ke tiang jauh yang bisa ditepis Peter Gulasci.

Bola muntah disambar Griezmann tapi kembali dibendung Gulasci sebelum dibuang bek Hungaria Willy Orban.

Tiga menit berselang, Prancis menyerang lagi. Kali ini dari sisi kiri lewat Digne yang menerima umpan dari Benzema dan langsung melepaskan crossing yang disambut tandukan Mbappe, tapi melebar.

Prancis mendapat kans bikin gol lagi di menit ke-31. Paul Pogba mengirimkan umpan terobosan kepada Mbappe dan tinggal berhadapan dengan Gulasci, dia memutarinya.

Tapi, Mbappe memilih mengirimkan bola lambung ke Benzema yang hendak melepaskan sepakan voli. Sayang, bola mengenai engkel bukan kaki Benzema sehingga melayang di atas mistar.

Hungaria yang lebih banyak ditekan membuat kejutan di pengujung babak pertama saat mampu unggul 1-0. Diawali sapuan bola yang tak sempurna dari Benjamin Pavard, bola jatuh di kaki Roland Sallai.

Sallai langsung mengopernya kepada Attila Fiola yang langsung berlari ke kotak penalti Prancis dan menaklukkan Hugo Lloris di tiang dekat.

Tertinggal 0-1 di babak pertama, Prancis langsung menggeber pertahanan Hungaria tapi lagi-lagi mereka kesulitan menciptakan peluang.

Ousmane Dembele dimasukkan menggantikan Adrien Rabiot demi menambah daya gedor. Dembele langsung merepotkan pertahanan Hungaria lewat akselerasi. Menaklukan dua pemain lawan pada menit ke-59, Dembele mampu menembak bola ke sudut , tapi masih membentur tiang.

Griezmann! Gol yang ditunggu Prancis akhirnya tiba di menit ke-66. Mbappe menusuk dari sisi kanan dan mampu melepaskan umpan tarik, meski dikawal ketat Loic Nego.

Bola tak bisa dihalau sempurna Willy Orban sebelum dicocor Griezmann dari jarak dekat untuk membuat skor 1-1.

Tiga menit kemudian, Mbappe mendapat bola umpan Griezmann dari situasi sepakan bebas meski sontekannya masih melebar.

Prancis terus menggempur pertahanan Hungaria untuk mencari gol kemenangan. Pada menit ke-82, Olivier Giroud menyodorkan bola ke Mbappe yang langsung menembak langsung ke gawang, tapi bisa ditepis Gulasci.

Tak ada gol lagi tercipta hingga laga Hungaria vs Prancis selesai dengan skor 1-1.

Susunan pemain

Hungaria: Peter Gulacsi; Endre Botka, Willi Orban, Attila Szalai; Loic Nego, Laszlo Kleinheisler (Gergo Lovrencsics 84'), Adam Nagy, Andras Schafer (Tamas Cseri 76'), Attila Fiola; Roland Sallai, Adam Szalai (Nemanja Nikolic 26').

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Presnel Kimpembe, Lucas Digne; Paul Pogba (Corentin Tolisso 76'), N'Golo Kante, Adrien Rabiot (Ousmane Dembele 57') (Thomas Lemar 87'); Antoine Griezmann; Karim Benzema (Olivier Giroud 76'), Kylian Mbappe.