Awas! Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Bikin Mata Rusak

Awas! Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Bikin Mata Rusak

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Ada banyak kebiasaan kecil yang dapat menyebabkan mata rusak mulai dari rasa sakit, ketidaknyamanan, hingga yang terburuk kehilangan penglihatan. Oleh karena itu, penting untuk mewaspadainya.

Berikut sejumlah kebiasaan yang dapat membuat mata rusak sebagai berikut.

1. Menatap layar terlalu lama

Berusaha keras untuk membaca teks kecil di ponsel Anda mungkin menjadi alasan mata Anda sakit hari demi hari, terutama jika Anda melakukannya selama berjam-jam. Itu juga bisa menyebabkan penglihatan kabur, mata kering, pusing, dan mual.

Sebagaimana dilansir GoodHouseKeeping, letakkan ponsel Anda setiap 20 menit untuk mengistirahatkan mata Anda. Atau, lebih baik lagi, buat font di ponsel Anda lebih besar sehingga mata Anda tidak bekerja keras dari waktu ke waktu untuk membaca teks kecil itu.

Baca juga: 7 Makanan Kekinian yang Bikin Perut Buncit

Selain itu, melihat semua jenis layar tepat sebelum tidur dalam kegelapan, termasuk ponsel, e-reader, televisi, dan komputer Anda, tidak baik untuk mata Anda.

Tingkat cahaya berubah dengan cepat, sehingga mata Anda harus bekerja keras untuk memproses perubahan, yang dapat menyebabkan kelelahan mata, nyeri, sakit kepala, mata kering, dan kemerahan. Lebih buruk lagi? Ini juga bisa mengacaukan jadwal tidur Anda.

2. Tidur menggunakan lensa kontak

Terkadang, saat sudah larut dan lelah, Anda mungkin malas melepas lensa kontak. Namun, patut diingat bahwa itu bukan alasan untuk kemudian tidur saat masih menggunakannya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC), hampir satu juta orang Amerika mengunjungi dokter mata setiap tahun karena infeksi yang berhubungan dengan memakai lensa kontak.

Saat Anda mengeluarkannya di malam hari, pastikan tangan Anda bersih dan Anda menggunakan larutan lensa kontak ekstra.

3. Menggosok mata Anda

Meskipun menggoda, itu adalah larangan besar. Menggosoknya terlalu keras dapat merusak pembuluh darah di bawah kelopak mata.

Jadi untuk menenangkan mata yang teriritasi, cobalah kompres dingin sebagai gantinya.

 

4. Terlalu sering menggunakan obat tetes mata

Meski obat tetes untuk sementara meringankan mata kering, tapi menggunakannya terlalu sering sebenarnya bisa mengiritasi mata Anda seiring waktu.

American Academy of Ophthalmology (AAO) memperingatkan bahwa obat tetes mata tanpa resep tidak benar-benar meningkatkan kesehatan mata Anda, mereka hanya membuat mata Anda tampak kurang merah.

AAO kemudian merekomendasikan penggunaan obat tetes mata hanya untuk waktu yang singkat. Jika Anda menggunakan obat tetes mata resep, pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter, dan segera hentikan penggunaannya jika menyebabkan iritasi, ruam mata, atau efek samping negatif lainnya.

5. Tidak makan makanan yang seimbang

Diet dan nutrisi penting. Faktanya, beberapa buah dan sayuran sangat penting untuk kesehatan mata yang optimal, terutama yang mengandung vitamin C dan E, seng, dan asam lemak omega-3.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

AAO menyarankan untuk menambahkan buah jeruk, minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan ikan ke dalam makanan Anda sebanyak mungkin. Juga, pastikan untuk melewatkan makanan tinggi natrium, yang dapat membuat tubuh Anda dehidrasi.

6. Kurang minum air

Selain nutrisi, yang tak kalah penting adalah asupan air. Tetap terhidrasi adalah kunci untuk produksi air mata dan menjaga mata tetap terlumasi dengan baik.

7. Tidak cukup tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah, termasuk penambahan berat badan, depresi, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu, kurang tidur juga mengganggu mata Anda (beberapa gejala termasuk kedutan, mata kering, penglihatan kabur, dan nyeri). Pastikan untuk mendapatkan minimal tujuh jam semalam dan ingat, letakkan smartphone sebelum tidur.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews