Kadinkes: Pasien Corona Meninggal di Tanjungpinang Rata-rata Lansia

Kadinkes: Pasien Corona Meninggal di Tanjungpinang Rata-rata Lansia

Ilustrasi (Foto:Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Jumlah pasien Covid-19 meninggal dunia terus bertambah di Kota Tanjungpinang, setidaknya hingga saat ini pasien meninggal mencapai 100 orang. Sementara total kasus covid-19 dalam setahun ini ada sebanyak 3.792 kasus.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Nugraheni mengatakan, pasien Covid-19 yang meninggal dunia pada umumnya usia lansia dan pasien memiliki penyakit penyerta.

"Jadi angka kematian itu persentase terbanyaknya masih usia lansia, selama setahun ini angka pasien meninggal dunia ada 100 orang," katanya.

Baca juga: Angka Kematian Akibat Corona di Tanjungpinang Tembus 100 Orang

Dalam upaya menekan lonjakan kasus Covid-19 di Tanjungpinang, Nugraheni mengajak masyarakat kota Tanjungpinang untuk memperketat protokol kesehatan dari diri sendiri. Selain itu, pihaknya mempercepat upaya tracing terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19.

"Sekarang kita memperketat lagi mengenai isolasi agar lebih efektif, jadi bagi pasien yang rumahnya tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri maka akan isolasi terpadu. Isolasi efektif kita harapkan dapat memutuskan mata rantai penularan," jelasnya.

Ia berharap pasien Covid-19 di Tanjungpinang bersedia ditempatkan di lokasi terpadu guna memutuskan mata rantai penularan ditengah masyarakat. Nugraheni menyampaikan, bahwa saat ini kapasitas rumah sakit dan jumlah petugas medis masih dalam kategori aman.

Baca juga: Polres Tanjungpinang Kembali Tahan 1 Tersangka Pencabulan Anak di Bawah Umur

"Tetapi kalau jumlah kasus semakin tinggi ini mengkhawatirkan juga ya. Makanya harus hati-hati ya, jangan sampai angka hunian di rumah sakit itu semakin banyak," pungkasnya.

(adi)