Tiga Khasiat Dibalik Rasa Pahit Pare untuk Penderita Kanker

Tiga Khasiat Dibalik Rasa Pahit Pare untuk Penderita Kanker

Buah pare.

Jakarta, Batamnews - Pare adalah salah satu jenis sayur yang mempunyai cita rasa pahit sehingga beberapa orang tidak menyukainya. Padahal, pare mengandung sejumlah kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C, dan sejumlah mineral lainnya.

Pare juga dilengkapi dengan seng, besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan asam karbonat. Siapa yang menyangka di balik rasa pahitnya, pare menyimpan sejuta manfaat untuk pengobatan kanker.

Berikut ini sejumlah khasiat yang ditawarkan pare untuk kanker, melansir Klikdokter.

1. Mengurangi risiko terkena kanker

Menurut penjalasan dr. Dyah Novita Anggraini, pare diyakini mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker di kolon (usus besar). Meski demikian, pare hanya dapat dijadikan sebagai terapi suportif dan bukan terapi yang utama.

Lebih lanjut, pare mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi pare secara rutin dapat menurunkan risiko terserang kanker kolorektal. Selain itu, kandungan asam folat pada pare juga dapat mengurangi risiko kanker.

Baca juga: Tips Manjur Berhenti Merokok untuk Pemula hingga Perokok Berat

2. Menurunkan efek samping pengobatan kanker

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, AS, kandungan seng pada pare dapat berperan mengurangi efek hilangnya kepekaan indera perasa akibat terapi radiasi yang biasa dilakukan oleh penderita kanker.

Kandungan mineral dalam pare diyakini dapat menghambat sariawan yang biasanya muncul setelah menjalani radioterapi. Akan tetapi, hal tersebut masih membutuhkan penlitian lebih lanjut.

3. Membantu pemulihan kanker

Walaupun pare tidak bisa dijadikan sebagai pengobatan utama, namun kandungan dalam nutrisi dapat membantu pemulihan penderita kanker. Pare mengandung flavonoid, asam lemak baik, protein, dan asam fenolat. Semua kandungan tersebut bermanfaat sebagai antikanker.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi pare untuk penanganan kanker. Semoga bermanfaat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews