Waspada, Kenali Gejala Demam Berdarah

Waspada, Kenali Gejala Demam Berdarah

BATAMNEWS.CO.ID - Penyakit demam berdarah atau DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegipty. Penyakit ini mengakibatkan demam dan menimbulkan perdarahan. 

Penyakit ini harus diwaspadai, karena apabila terlambat penanganannya bisa berakibat fatal.  "Perjalanan penyakit demam berdarah tidak bisa diramalkan, perlu monitor berkala," ujar dr. Ferry Purba bagian penyakit dalam MRCCC Siloam Hospital saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu, 17 Oktober 2015.

Untuk itu, ditambahkan Ferry Purba masyarakat perlu mengetahui gejala awal dari DBD. "Bila mengalami nyeri ulu hati dan nyeri perut kanan atas, itu merupakan gejala konstitusionalnya," ungkapnya.

Selain itu, gejala lainnya, seperti demam tinggi mendadak selama dua hingga tujuh hari. Kadang kala demam bersifat bifasik, yakni panas akan turun di hari ke-3 atau ke-4, tetapi hari berikutnya naik lagi. Juga terlihat ruam pada kulit dan merasa nyeri di mata. 

Lebih lanjut, Ferry Purba menambahkan virus dengue dapat meyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler sehingga mengganggu sistem pembekuan darah. 

Hal ini juga yang mengakibatkan perdarahan hingga menyebabkan kematian pada penderita penyakit DBD.

sumber: viva.co.id

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews