Percepat Vaksinasi Lansia, Polres Meranti Lakukan Sistem Jemput Bola

Foto: Arjuna/Batamnews

Meranti, Batamnews - Polres Kabupaten Kepulauan Meranti bersama jajaran TNI membantu petugas untuk melakukan vaksinasi kepada warga lanjut usia (lansia). Mereka melakukan penjemputan langsung ke rumah menggunakan mobil dan membawanya ke Puskesmas terdekat.

Sistem door to door atau jemput bola ini dilakukan untuk mempercepat vaksinasi di Meranti, karena menurut keterangan Tim Satgas Covid-19, masih banyak warga yang berusia lanjut enggan untuk di vaksin dengan berbagai alasan. 

Baca juga: Sempat Dihentikan, Kemenkes Lanjutkan Vaksinasi AstraZeneca Batch CTMAV547

Kebijakan itu pun sejalan dengan Pemkab Meranti yang menjemput bola dengan melakukan vaksinasi terhadap ribuan warganya di setiap kecamatan. Hal ini pun merupakan bentuk komitmen bersama demi memutus mata rantai Covid-19.

Kapolres Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto memimpin langsung percepatan vaksinasi di Kecamatan Tebingtinggi dan Tebingtinggi Barat dengan mengerahkan seluruh jajaran Babinkamtibmas untuk mengantar dan menjemput warga lansia di rumah masing-masing. Langkah ini pun terbukti efektif.

Baca juga: Tiba di Kepri, Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal dan Beri Arahan Penanganan Pandemi

"Dari hasil evaluasi pelaksanaan vaksinasi, masih sangat sedikit jumlah lansia yang diberikan vaksin. Kebanyakan mereka hanya menunggu untuk dijemput. Belum ada saya lihat petugas yang mengetuk pintu rumah warga lansia untuk dibawa ke Puskesmas. Agar bisa tercapai angka vaksinasi yang tinggi bagi lansia, maka pastikan prioritas yang vaksin itu mereka yang berusia lanjut. Hari ini jangan jadi rombongan sirkus yang tidak memberikan solusi," terang Eko, Sabtu (29/5/2021).

Langkah yang dilakukannya pun disambut baik masyarakat. Mereka tidak perlu lagi bersusah payah ke lokasi dilakukannya vaksinasi dan tidak menunggu antrian.

"Ini bentuk kontribusi kita untuk mempercepat vaksinasi, door to door kepada warga. Ini akan terus kita mobilisasi, dan kita sudah siapkan personel serta sarana dan prasarananya," ucapnya.

Jika melihat capaian imunisasi vaksin tersebut, Eko yakin dalam waktu dekat tim medis mampu menyelesaikan target yang sudah ditetapkan pemerintah provinsi dan maupun pusat.

Baca juga: Disdik Karimun Targetkan Guru Sudah Divaksinasi Corona Sebelum Ujian Kenaikan Kelas

"Tentunya ini semua tidak terlepas dari atensi, dedikasi dan pengabdian jajaran di lapangan. Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat akan memberikan bakti yang tulus bagi orang tua. Mereka tidak lain yakni lansia yang menjadi sasaran imunisasi vaksin untuk pencegahan penularan Covid-19. Kami akan terus menjemput dan mengantar para orang tua kita semua dari rumah masing-masing menuju sarana vaksinasi atau puskesmas terdekat,” pungkasnya.

(jun)