5 Negara Ini Mulai Lepas Masker, Ada Israel hingga China

5 Negara Ini Mulai Lepas Masker, Ada Israel hingga China

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Pandemi Covid-19 di Indonesia masih memprihatinkan. Penerapan protokol kesehatan (Prokes) ketat, seperti salah satunya penggunaan masker saat beraktivitas, masih menjadi hal yang diwajibkan.

Namun, sejumlah negara lain tampaknya sudah menuju kondisi normal. Ada 5 negara yang saat ini tak lagi mewajibkan penggunaan masker.

Orang yang sudah divaksinasi rata-rata melampaui 50 persen, dan transmisi penularan lokal Covid-19 tak lagi dilaporkan menjadi salah satu tolak ukurnya. Berikut daftar negara tersebut.

Baca juga: Tolak Divaksin, Warga Desa di India Kabur hingga Terjun ke Sungai

1. Amerika Serikat

Warga Amerika Serikat kini boleh melepas masker pasca vaksinasi Covid-19. Hal ini didukung Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), dengan menetapkan sejumlah syarat.

Bagi mereka yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Corona, berkumpul bersama teman yang juga sudah divaksin, hingga bepergian ke taman selama menghindari kerumunan, boleh melepas masker mereka. Presiden Amerika Serikat, Biden, menyambut baik rekomendasi CDC tersebut.

"Sebuah langkah menuju kehidupan di Amerika mendekati normal," tutur Biden, menargetkan kondisi normal dan bebas dari Covid-19 bisa tercapai di 4 Juli mendatang.

"Mulai hari ini, berkumpul dengan sekelompok teman, di taman, pergi piknik selama Anda divaksinasi, dan di luar ruangan, Anda bisa melepas masker," sambungnya, beberapa waktu lalu.

 

2. Israel

Israel dinilai berhasil memerangi Covid-19, transmisi penularan Corona tak lagi tinggi. Warga tak lagi wajib memakai masker di luar ruangan sejak April kemarin.

"Akhirnya, saya bisa bernapas lega," Eli Bliach, 35, seorang pengusaha, berkata saat berjalan tanpa masker di pusat kota Yerusalem pada Minggu pagi, dikutip dari New York Times.

Israel diketahui telah mengambil langkah cepat untuk kembali ke kondisi normal setelah melakukan vaksinasi Corona massal. Lebih dari 50 persen populasi Israel telah divaksinasi penuh.

Kementerian Kesehatan Israel, Senin lalu menegaskan syarat wajib memakai masker di dalam ruangan bisa segera dicabut jika dalam 2 pekan mendatang tren penularan Corona terus menurun.

Namun, pejabat kesehatan setempat masih memberlakukan pembatasan pada sejumlah pelancong yang masuk, dan berencana untuk memperketat pembatasan demi mencegah masuknya varian baru Corona yang berpotensi 'kebal' vaksin Covid-19.

Baca juga: Covid-19 di Malaysia Lebih Parah dari India, Ini Datanya

3. Bhutan

Meski berbatasan dengan India dan China, salah dua negara yang paling terdampak Covid-19, Bhutan berhasil memenangkan pertempuran melawan Corona.

Hebatnya, negara tersebut melakukan program vaksinasi Covid-19 dengan memvaksinasi lebih dari 90 persen populasi orang dewasa hanya dalam dua pekan. Total kasus Corona yang tercatat di Bhutan hingga kini hanya sebanyak 1.309 kasus, satu kematian sejauh ini.

Bhutan juga menjadi salah satu negara bebas masker pertama, tanpa melakukan lockdown ketat.

 

4. New Zealand

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern pantas mendapat sejumlah pujian lantaran dinilai menangani pandemi Corona dengan baik. Sejauh ini, Selandia Baru hanya melaporkan 26 kematian Covid-19. Tindakan dan keputusan cepat Jacinda Ardern sukses membantu Selandia Baru kini bebas masker.

Baca juga: William Shakespeare, Orang Kedua Penerima Vaksin Covid di Dunia Meninggal

5. China

Negara yang pertama kali melaporkan kasus Covid-19 kini sudah bebas masker dengan hampir semua orang sudah divaksinasi. Menjadi salah satu negara yang terdampak Covid-19, kini China sudah kembali pulih membuka sejumlah tempat pariwisata seperti taman hiburan, restoran. hingga hotel-hotel.

Catatan worldometers dalam 24 jam terakhir China hanya melaporkan 7 kasus baru Covid-19 dan tidak ada kasus kematian.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews