Daftar Negara Pemasok Senjata Israel, AS Urutan Pertama

Daftar Negara Pemasok Senjata Israel, AS Urutan Pertama

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Konflik antara Israel dengan Palestina hingga kini masih berlangsung, dan merenggut nyawa ratusan orang. Sejumlah milisi di Jalur Gaza melepaskan roket ke arah Israel, yang dibalas serangan udara.

Di sisi lain, peperangan kali ini menguak soal persenjataan Israel. Mereka bukan negara besar tetapi punya sejumlah sistem persenjataan kelas wahid.

Selain mengandalkan industri persenjataan dalam negeri, Israel juga mengimpor alutsista mutakhir dari luar negeri, sebagian besar dari Amerika Serikat dan Eropa.

Berikut ini adalah deretan negara yang menjual persenjataan mutakhir kepada Israel, seperti dilansir Middle East Eye.

Baca juga: Israel Bertekad Gempur Gaza hingga Hamas Hancur

 

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah negara eksportir senjata terbesar kepada Israel. Menurut data Institut Penelitian Perdamaian Dunia Stockholm (Sipri), persentase impor senjata Israel dari Negeri Paman Sam antara 2009 sampai 2020 mencapai 70 persen.

Jenisnya bermacam-macam. Mulai dari senapan serbu sampai jet tempur siluman F-35.

Berdasarkan catatan Sipri, AS rutin menjual senjata setiap tahun kepada Israel sejak 1961. Bom buatan AS juga dipakai oleh Angkatan Udara Israel untuk menggempur Jalur Gaza sejak 10 Mei lalu.

Sedangkan menurut data lembaga swadaya masyarakat asal Inggris, Kampanye Melawan Perdagangan Senjata (Caat), jumlah ekspor senjata AS kepada Israel antara 2013 sampai 2017 mencapai US$4.9 miliar (sekitar Rp70 triliun).

Baca juga: Pemuda Gaza Ini Histeris Temukan Tunangan Jadi Korban Tewas Serangan Israel

AS tetap mengekspor senjata meski militer Israel kerap dituduh melakukan kejahatan perang terhadap warga Palestina. Salah satunya pada 2009, ketika militer Israel menggunakan bom fosfor untuk menggempur Jalur Gaza.

Selain itu, AS terus mengucurkan bantuan anggaran militer bagi Israel yang nilainya mencapai US$3.8 miliar (sekitar Rp54.3 triliun) dan diberikan saban tahun. Anggaran itu masih ditambah sebesar US$1.6 miliar (sekitar Rp22.8 triliun) supaya Israel bisa mengembangkan sistem rudal pertahanan serangan udara (Iron Dome).

"Israel punya industri senjata yang sangat maju yang mampu membuat mereka sanggup menahan serangan. Namun, alutsista mereka seperti jet tempur dibeli dari AS. Meski mereka mampu membuat pesawat, tetapi hal itu akan memakan waktu lama," kata perwakilan Caat, Andrew Smith.

Menurut Caat, perusahaan AS yang memasok senjata kepada Israel adalah Lockheed Martin, Boeing, Northrop Grumman, General Dynamics, Ametek, UTC Aerospace, dan Raytheon.

 

2. Jerman

Jerman menjadi negara eksportir senjata terbesar kedua bagi Israel. Persentasenya mencapai 24 persen antara 2009 sampai 2020.

Meski Jerman tidak membeberkan data terkait pengiriman senjata, tetapi mereka menerbitkan lisensi penjualan senjata kepada Israel pada 2013 sampai 2017 senilai 1.3 miliar Poundsterling (sekitar Rp26.3 triliun).

Baca juga: Aksi Bella Hadid Bela Palestina Bikin Israel Murka

Menurut data Sipri, Jerman menjual senjata kepada Israel pada 1960-an sampai 1970-an, serta mulai rutin mengekspor senjata mulai 1994.

Salah satu alutsista Israel yang dibeli dari Jerman adalah kapal selam. Perusahaan pembuat kapal dari Jerman, ThyssenKrupp Marine Systems, menjual enam kapal selam kelas Dolphin untuk Israel.

Sedangkan perusahaan manufaktur khusus pembuat sistem transmisi, Renk AG, ikut membantu pengembangan tank buatan Israel, Merkava.

 

3. Italia

Menurut Sipri, persentase ekspor persenjataan buatan Italia ke Israel mencapai 5.6 persen antara 2009 sampai 2020. Nilainya mencapai 360 juta Poundsterling (sekitar Rp7.4 triliun).

Kerja sama kedua negara di bidang pertahanan juga terjalin dalam beberapa tahun belakangan. Israel membeli pesawat latih militer buatan Italia.

Sedangkan Italia membeli rudal dan persenjataan lain buatan Israel.

Perusahaan Italia, Agusta Westland, yang merupakan anak perusahaan dari grup usaha aviasi Leonardo, turut memasok komponen bagi helikopter serang Apache yang digunakan Israel.

Baca juga: Viral Ambulans Berlogo Pemkot Padang Bantu Evakuasi Korban di Palestina

 

4. Kanada

Menurut data Sipri, persentase ekspor persenjataan buatan Kanada kepada Israel mencapai 0.3 persen.

Meski jenis senjata atau perangkat militer yang diekspor dari Kanada tidak dirinci, tetapi nilainya mencapai US$13.7 juta (sekitar Rp195 miliar).

5. Inggris

Baca juga: Neraka Jalur Gaza, Saling Balas Serang Roket Israel-Palestina

Menurut data Caat, nilai ekspor senjata Inggris kepada Israel sejak 2015 mencapai 400 juta Poundsterling (sekitar Rp8 triliun)

Sejumlah perusahaan Inggris yang memasok persenjataan dan perangkat militer bagi Israel adalah BAE Systems, Atlas Elektronik UK, MPE, Meggitt, Penny + Giles Controls, Redmayne Engineering, Senior PLC, Land Rover, dan G4S.

Salah satu perusahaan pembuatan senjata Israel, Elbit Systems, juga mempunyai kantor cabang dan pabrik di Inggris. Salah satu pabrik mereka yang berada di wilayah Oldham kerap menjadi sasaran aksi demo solidaritas terhadap Palestina.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews