Sejak Mei 2021, RSKI Galang Tidak Merawat Warga Batam Lagi 

Kepala RSKI Galang, Kolonel Ckm Ihsan Nasution. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam, Batamnews - Sejak awal Mei 2021, Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) tidak lagi merawat warga Batam yang positif Covid-19. 

Hal ini karena RSKI kini tengah fokus merawat Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke tanah air. 

Kepala RSKI Galang, Kolonel CKM Khairul Ihsan Nasution mengatakan perubahan itu berdasarkan petunjuk dari Danrem 033/WP, Brigjen Jimmy Ramoz Manalu. 

Baca juga: Pemerintah Pusatkan Tes PCR Bagi PMI di Kepri ke RSKI Galang

Akibatnya, dari rilis Satuan Tugas (Satgas) Covid-19, RSKI Galang tidak dimasukkan lagi menjadi rumah sakit rujukan.  “Semenjak awal Mei, kami tidak menerima masyarakat Batam,” ujar Ihsan, Senin (17/5/2021). 

Ia mengatakan jumlah PMI yang kembali ke Indonesia dari Malaysia dan Singapura mencapai ribuan orang.  Dikhawatirkan dengan jumlah yang banyak tersebut, juga banyak yang positif Covid-19.

“Untuk mengantisipasinya maka RSKI fokus penyediaan tempat PMI,” kata dia. 

Saat ini pihaknya sedang merawat 92 orang PMI yang positif Covid-19. Ihsan menyampaikan kondisi para PMI tersebut dalam keadaan stabil. “Tidak ada yang sampai dirawat di ICU,” ucapnya. 

Baca juga: Corona Melonjak, Kapasitas RSKI Galang Nyaris Penuh

Ia menjelaskan setiap PMI yang sudah menyelesaikan masa isolasi dan dinyatakan negatif Covid-19, maka dapat pulang ke daerah asal masing-masing. Setiap harinya, RSKI Galang menerima PMI yang diisolasi. 

“Setiap hari ada yang masuk, setiap hari ada yang keluar,” ucapnya. 

(ret)