Corona Melonjak, Kapasitas RSKI Galang Nyaris Penuh

Corona Melonjak, Kapasitas RSKI Galang Nyaris Penuh

RSKI Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam.

Batam, Batamnews - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam Kepulauan Riau terus meningkat. Hal ini membuat kapasitas Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang hampir penuh. 

Saat ini rumah sakit tersebut sedang merawat 297 orang pasien. Angka ini berbeda dengan data Tim Gugus Tugas Covid-19 yang menyatakan RSKI Galang merawat pasien sebanyak 352 orang.

Kepala RSKI Galang, Kolonel Khairul Ihsan Nasution mengatakan kapasitas rumah sakit hanya bisa menampung sebesar 360 orang pasien. 

“Dalam beberapa hari terakhir, jika pasien terus dikirim ke RSKI, maka kapasitas rumah sakit bisa penuh,” ujar Ihsan, Rabu (28/4/2021). 

Baca: Update Corona Batam: 65 Kasus Baru, 579 Pasien Dirawat

Adapun pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat di RSKI Galang merupakan warga Batam dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Malaysia dan Singapura yang pulang ke Tanah Air lewat Batam. 

Ia menjelaskan kondisi kapasitas rumah sakit yang hampir penuh juga pernah terjadi pada Oktober tahun lalu. Saat itu, pasien akan diarahkan ke rumah sakit rujukan lain. 

“Kalau penuh, pasti langsung diarahkan ke rumah sakit lain, bahkan waktu Bapelkes juga dipakai untuk merawat pasien Covid-19,” katanya. 

Terkait kapasitas RSKI yang hampir penuh, Iksan mengaku kewenangan untuk merujuk pasien Covid-19 berada di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam. 

“Dinkes yang mengarahkan (pasien) ke kami, jadi mereka sudah lebih tahu jika kapasitas rumah sakit hampir penuh,” kata dia. 

Baca juga: Viral Video Antrean Ambulans di RSKI Galang

Berdasarkan data dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Batam, saat ini pasien Covid-19 yang sedang dirawat berjumlah 579 orang. 

Jumlah ini terdiri dari 269 pasien perempuan dan 311 pasien laki-laki. Sebanyak 69 orang diantaranya menjalani isolasi mandiri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews