Termasuk Kepri, 8 Daerah Alami Lonjakan Keterisian RS Rujukan Covid-19

Termasuk Kepri, 8 Daerah Alami Lonjakan Keterisian RS Rujukan Covid-19

RSUD Raja Ahmad Tabib, Tanjungpinang.

Batam, Batamnews - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengindikasikan 8 daerah terjadi peningkatan keterisian ruang perawatan dan ruang ICU khusus Covid-19 pada rumah sakit di sejumlah daerah. 

Adapun 8 daerah yang dimaksud Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Lampung dan Nusa Tenggara Timur.

Baca: Doni Monardo Khawatirkan Lonjakan Corona di Sumatera

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau, Bisri mengatakan saat ini kapasitas rumah sakit rujukan sudah 70 persen terisi. Angka tersebut dihitung dari rata-rata kapasitas rumah sakit rujukan yang ada di Kepri. 

“Kapasitas rumah sakit rujukan untuk menangani Covid-19 sudah hampir penuh,” ujarnya, Sabtu (15/5/2021). 

Total rumah sakit rujukan Covid-19 di Kepri mencapai 16 rumah sakit. Untuk mengantisipasi rumah sakit yang hampir penuh, pihaknya sudah menyiapkan beberapa alternatif seperti Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam, dan 4 hotel di Batam serta 1 hotel di Bintan. 

Namun jika kasus Covid-19 terus melonjak, maka rumah sakit dan tempat perawatan tersebut tidak dapat dapat menampung lagi pasien, pihaknya sudah meminta Pemerintah Kabupaten/Kota agar dapat mempersiapkan tempat perawatan lainnya.

“Kalau terjadi ledakan (kasus Corona) sampai dua kali lipat, tentu tidak tertampung lagi,” kata dia.

Baca: H+2 Lebaran, Batam Tambah 20 Kasus Positif Corona

Tidak hanya rumah sakit maupun tempat perawatan, Bisri juga menyampaikan tenaga kesehatan (nakes) juga perlu ditambah. Walaupun secara teori kebutuhan nakes masih memadai. 

“Tetap harus ditambah kalau bisa,” katanya. 

Saat ini, diakuinya belum ada upaya untuk penambahan nakes, namun untuk ke depan langkah itu akan diambil. Mengingat, kebutuhan nakes tidak hanya untuk menangani pasien Covid-19 saja, tetapi juga melakukan vaksinasi. 

“Bebannya jadi dobel, sedang akan kita gerakkan (penambahan nakes),” ucapnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews