Warga Batam Pilih Mudik Via Singapura

Pelabuhan Internasional Batam Centre. (Foto: ist)

Batam - Aktivitas di Pelabuhan Internasional Batam Centre menjelang lebaran tampak ramai, Selasa (4/6/2019). Sebagian besar diisi oleh para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Batam.

Manager operasional Terminal Ferry Internasional, Nika Astaga mengatakan pada hari minggu (2/6/2019) pelabuhan juga sudah mulai ramai. Tercatat ada sekitar 8.600 warga Batam tujuan Singapura.

Nika memperkirakan warga Batam tersebut ke Singapura untuk mudik ke kampung halamannya.  "Sepertinya mereka mudik melalui Bandara Changi, Singapura," ujar Nika saat dikonfirmasi.

Dibandingkan hari minggu lalu, penumpang untuk hari Senin (3/6/2019) lebih sepi. Rata-rata penumpang di pelabuhan sekitar 4-5 ribu orang.  “Tapi kalau imlek itu bisa sampai 12-15 ribu orang,” katanya.

Akan tetapi walaupun beberapa hari ini belum ada lonjakan penumpang, pihaknya tetap berkoordinasi dengan petugas gabungan. Sampai nanti pada saat lebaran ataupun setelahnya.

“Kalau ada lonjakan penumpang, kami bisa tambah petugas keamanan pelabuhan,” jelasnya.

Salah seorang warga Batam, Romadi mengaku memilih mudik ke Palembang lewat singapura karena hara tiket pesawat yang lebih murah. Jika dibandingkan dengan Batam ke Palembang bisa mencapai Rp2 jutaan.

Sedangkan jika lewat Singapura, ia membeli tiket ke Palembang dengan harga Rp 800 ribuan.

“Walaupun ke Singapura naik kapal lagi, tapi setidaknya bisa hemat hampir sejutaan,” ujarnya.

(ret)


Berita Terkait