Gubernur Ansar Was-was Lonjakan Kasus Covid, 3 Kasus Meninggal Hari Ini

Gubernur Ansar Was-was Lonjakan Kasus Covid, 3 Kasus Meninggal Hari Ini

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (Foto: Dok. Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Kasus Covid-19 di Kepulauan Riau naik signifikan beberapa pekan terakhir. Hal ini menjadi perhatian serius Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Ansar menginstruksikan kepala daerah untuk menyiapkan ruang isolasi tambahan guna mengantisipasi lonjakan kasus. 

Baca juga: Update Corona Batam: Kasus Aktif Meroket Sepekan Jelang Lebaran

"Kami instruksikan ke bupati dan wali kota agar mengantisipasi hal terburuk jika memang terjadi lonjakan. Maka rumah sakit dan ruang isolasi harus dipersiapkan dengan baik," ujar Ansar Ahmad, Kamis (6/5/2021). 

Ansar mengungkapkan, kapasitas ruang perawatan dan ruang isolasi pasien Covid-19 di Kepri saat ini masih dianggap mencukupi. 

Namun, dirinya tidak menampik ada peningkatan kasus Covid-19.

"Karena itu persiapan untuk kemungkinan yang terburuk harus dilakukan. Hari ini saya juga baru saja meninjau RSKI Pulau Galang untuk memastikan kesiapan prasarana pendukung rumah sakit itu untuk perawatan pasien Covid-19 yang baru masuk termasuk yang dari pekerja migran Indonesia yang kita tangani," jelasnya. 

Dalam kesempatan tersebut Ansar Ahmad meminta Bupati dan Wali kota se-Provinsi Kepri agar membentuk Satgas sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan. 

"Bahkan kalau perlu RT dan RW dijadikan ujung tombak Satgas penanganan Covid-19 yang secara intensif turun ke masyarakat. Saya juga minta lembaga seperti Posyandu, BKMT, Ormas, organisasi kepemudaan dan lainnya ikut aktif membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19," harapnya. 

Data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, total konfirmasi se-Provinsi Kepulauan Riau berjumlah 12.133 orang, bertambah 253 orang. 

Dari 253 orang yang terpapar Covid-19 tersebut berasal dari 72 orang di Kota Batam, 61 orang di Kota Tanjungpinang,  41 orang di Kabupaten Kepulauan Anambas, 30 orang di Kabupaten Bintan, 28 orang di Kabupaten Lingga; dan 21 orang di Kabupaten Karimun. 

Baca juga: Rekor Baru India, Corona Renggut Hampir 4 Ribu Nyawa dalam 24 Jam

"Dari jumlah itu hari ini ada 3 orang yang meninggal dunia karena Covid 19. Sebanyak 2 orang di Kota Tanjungpinang dan 1 orang di Kabupaten Karimun," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M Bisri. 

Bisri berharap, sesuai arahan Gubernur Kepri agar masyarakat tetap menetapkan protokol kesehatan serta di momen perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H tetap berada di rumah dan tidak mudik. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews