Polres Tanjungpinang Perketat Pelabuhan Tikus Cegah Mudik 6-17 Mei

Polres Tanjungpinang Perketat Pelabuhan Tikus Cegah Mudik 6-17 Mei

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Fernando (Foto:Adi/Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Kepolisian Resor (Polres) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), akan memperketat pengawasan di setiap pelabuhan tikus guna mencegah adanya masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran Idul Fitri 6-17 Mei 2021.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Fernando menyampaikan, untuk mencegah adanya mudik lebaran, pihaknya membentuk pos bergerak yang berguna untuk mengawasi penjagaan pintu masuk pelabuhan tikus.

"Kita ada pos bergerak, dari Polairud yang akan patroli menggunakan kapal, agar tidak adanya mudik di pelabuhan tikus," tegas Kapolres, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Corona Melonjak, Pemprov Kepri Akhirnya Larang Mudik Lokal

Ia mengatakan, kegiatan itu merupakan rangkaian Operasi Ketupat Seligi yang sudah mulai dilakukan. Operasi ini juga berkaitan dengan larangan mudik.

"Ketentuan itu sudah ada di surat edaran Gubernur dan merupakan penjabaran dari kebijakan pemerintah pusat," ujarnya.

Fernando berharap, masyarakat dapat menaati peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kata dia, sebagaimana dengan dilaksanakannya rapat antar Forkopimda dan dijabarkan dalam Operasi Ketupat Seligi.

Baca juga: Pelabuhan Sri Bintan Pura Lengang Jelang Larangan Mudik

"Di pintu masuk baik pelabuhan maupun bandara kita sudah ada pos terpadu yang melibatkan TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub, dan semua yang terlibat," tuturnya.

Ia menegaskan bahwa warga yang keluar dan masuk ke Tanjungpinang dicek administrasinya terlebih dahulu. Untuk pos pelayanan dan pos pengamanan tahun ini ada dua, yakni Pos Terpadu, diantaranya di Pelabuhan dan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF).

"Untuk pos pengamanan ada 4, masing -masing di wilayah hukum Polsek, sedangkan pos bergerak ada satu di Satpolair," tukasnya.

(adi)