Banjir di Legenda Point, Warga: Penyakit Menahun yang Tak Kunjung Sembuh

Banjir di Legenda Point, Warga: Penyakit Menahun yang Tak Kunjung Sembuh

Seorang pemotor melintasi banjir yang menggenangi ruas jalan di depan Ruko Legenda Point, Batam Kota. (Foto: Reza/batamnews)

Batam, Batamnews - Kawasan Legenda Point di Batam Centre, Kota Batam bertahun-tahun menjadi daerah langganan banjir. Sejauh ini tak ada solusi dari pemerintah terkait banjir ini.

Seperti yang terjadi pada Selasa (27/4/2021) siang, saat hujan deras mengguyur sejumlah wilayah Kota Batam. Akses jalan di depan ruko Legenda Point berubah menjadi 'telaga'.

"Gak ada solusi dari pemerintah, mas. Tiap hujan deras selalu begini (banjir)," kata Wawan, salah seorang mekanik yang bekerja di bengkel kawasan Legenda Point.

Menurut dia, dirinya bersama warga yang tinggal maupun membuka usaha di kawasan tersebut selalu waswas kala hujan deras.

Jika curah hujan sudah di atas rata-rata, konsekuensi yang mereka hadapi adalah bersiap membersihkan tempat usaha dari lumpur yang terbawa banjir.

"Sudah kayak penyakit menahun banjir di sini, tak sembuh-sembuh," gerutunya.

Baca: Belum Ada Solusi, Legenda Point Masih Langganan Banjir

Sementara, Suryadi pemilik bengkel di Legenda Point menyebut penyebab banjir adalah ditimbunnya saluran air yang dulu pernah ada di seberang ruko.

"Makanya kami selalu waswas kalau hujan deras dengan durasi lebih dari setengah jam," kata dia.

Keluhan warga Legenda Point pernah disampaikan ke pemerintah melalui lurah maupun camat. Namun hingga kini tak ada solusi yang mampu membebaskan warga dari banjir.

Banjir yang terus berulang, lanjutnya, membuat para pelaku usaha itu terganggu saat mencari nafkah.

"Sudah susah saat Corona seperti ini, masih dihadapkan pada banjir yang terus terjadi," tukasnya.

"Kami hanya bisa berharap pemerintah turun tangan, jangan terus janji-janji menuntaskan persoalan banjir tapi terealisir," pungkas Suryadi.

Baca juga: Curhat Warga Ruko Legenda Point: Banjir Selalu Datang Tiap Hujan

(rez)