Musim Penghujan, Titik-titik Banjir Baru Bertambah di Batam

Musim Penghujan, Titik-titik Banjir Baru Bertambah di Batam

Sebuah kendaraan menerjang banjir di kawasan Batam Center, belum lama ini. (Foto: Johannes Saragih/batamnews).

Batam - Musim penghujan saat ini sangat berpotensi menimbulkan banjir. Akibatnya juga ada titik-titik banjir baru yang tersebar di sejumlah kawasan Kota Batam. 

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSD) Kota Batam, Yumasnur mengakui bahwa titik banjir baru semakin bertambah. 

“Beberapa waktu belakangan memang kami mendapat laporan bahwa ada titik banjir baru, jumlahnya belum kami pastikan,” ujar Yunasnur di Batuaji, Sabtu (23/11/2018). 

Menurutnya penambahan titik banjir ini karena dibarengi juga dengan bertambahnya pemukiman. Aktivitas para pengembang seperti cut and fill juga menjadi salah satu penyebabnya. 

“Kalau titik banjir yang lama, sudah mulai kami perbaiki, mulai dengan membangun bangunan pelintas, ataupun mengganti gorong-gorongnya,” ucapnya. 

Selain di pemukiman, titik banjir baru juga ada di ruas jalan nasional dan provinsi. Seperti di ruas jalan simpang kabil yang saat ini sedang diperbaiki dan ruas jalan Sei tTemiang juga mulai berpotensi banjir. 

“Lahan-lahan di Jalan Sei Temiang sudah berubah, sudah mulai dimanfaatkan masyarakat untuk aktivitas lain,” jelasnya. 

Sementara ini untuk menangani kawasan yang terjadi banjir, pihaknya mengerahkan 13 alat berat yang bekerja di beberapa kawasan di Kota Batam. Dia juga meminta pihak Camat dan Lurah agar dapat melaporkan jika ada daerahnya mengalami banjir. 

“Berdasarkan laporan itu, petugas kami akan segera berupaya cek ke lokasi dan berupaya mengatasi timbulnya banjir,” kata dia.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews