Hari Bumi 2021: Kelompok Budidaya Lebah Bintan Tanam 1.000 Pohon

Hari Bumi 2021: Kelompok Budidaya Lebah Bintan Tanam 1.000 Pohon

Penanaman 1.000 pohon memperingati Hari Bumi di Bintan. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan, Batamnews - Hari Bumi jatuh pada 22 Apri esok. Namun gaung dari peringatannya sudah terdengar beberapa hari sebelumnya.

Seperti di Bintan, Kepulauan Riau. Sekelompok pembudidaya lebah madu memperingati Hari Bumi dengan menanam 1.000 pohon bekerjasama dengan Banyan Tree Bintan, Selasa (20/4/2021).

Jenis bibit pohon kelompok bernama Gudem Bee Farm itu beragam. Ada Tabebuya, Ketapang Kencana dan beberapa pohon buah seperti jambu, rambutan dan sawo. Bibit itu semua merupakan bantuan kerjasama dari Balai BPDASHL Sei Jang Duriangkang.

"Kita tanam 1.000 pohon dengan bekerjasama Banyan Tree Bintan. Pohon yang dipilih kebanyakan jenis Sakura Tabebuya (Tabebuia sp.), karena bunganya disukai lebah, serta indah pada saat berbunga," ujar Pembina Kelompok Gudem Bee Farm, Sertu Meldi Wahyuda.

Anggota kelompok mempersiapkan lokasi penanaman dari beberapa hari sebelumnya. Melalui semangat itu diharapkan pohon yang ditanam dapat menjadi taman yang indah sekaligus bunga-bunga dari pohonnya menjadi pakan dari lebah yang dipelihara.

Kehadiran taman wisata edukasi lebah madu ini dapat menjadi destinasi yang unik nantinya sebagai tempat berwisata dan belajar di Pulau Bintan.

"Selain itu juga tentunya dengan banyak wisatawan yang datang akan sejalan dengan peningkatan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Environment Naturalist Banyan Tree Bintan, Henry Singer mengatakan pihaknya sudah menanam 74.063 pohon semenjak dimulainya program greening community ini yang tersebar di beberapa titik di Pulau Bintan.

Conservation Officer sekaligus Koordinator Program Penenaman Pohon Banyan Tree Bintan, Renald Yude mengatakan pemilihan lokasi Gudem Sri Bintan yang terletak di Kampung Pasiran Desa Sri Bintan ini karena ada kelompok perternak lebah tanpa sengat (Stingless bee) yang antusias mengembangkan budidaya madu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews