https://www.batamnews.co.id

Batam Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

Batam, Batamnews - Kasus positif Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau terus meningkat dalam tiga pekan terakhir. Per 8 April 2021, tercatat ada 189 kasus aktif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan peningkatan kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 tidak terlalu signifikan. Namun tren kasus tidak seimbang dengan tren sembuh para pasien Covid-19.

"2-3 minggu terakhir ini memang trennya tidak seimbang, antara yang positif dengan yang sembuh. Kita catat selama tiga minggu ini, ada kasus aktif hingga 150 orang, dan per hari itu selalu berjumlah belasan pasien," ujar Didi, Jumat (9/4/2021). 

Ia menyebutkan sebagian besar pasien Covid-19 sedang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, total pasien yang dirawat mencapai 103 orang. 

"Terbanyak dirawat di RSKI Galang, dengan angka masih berstatus aktif setelah dirawat sebesar 3 persen," kata dia.

Tren kenaikan kasus Covid-19 ini juga menjadi perhatian mereka, karena sebelumnya pasien Covid-19 hanya berkisar 70 orang, naik menjadi 189 orang. 

Baca: Update Covid-19 Batam: Bertambah 28 Kasus Baru

Didi juga menyampaikan Batam sedang mewaspadai gelombang ketiga kasus Covid-19. Karena, beberapa negara lainnya sudah mengalami hal tersebut. 

"Jangan sampai ini terjadi di Batam kembali. Walau memang secara nasional, angka positif dan kematian akibat Covid-19 kita sangat rendah. Dan kasus sembuh kita secara persentase nasional juga sangat tinggi," katanya.

Ia terus mengingatkan agar masyarakat tidak lupa agar menerapkan protokol kesehatan (prokes). Dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. 

“Yang terpenting itu 3M, jangan lupa, selalu diterapkan,” ucapnya. 

(ret)