3 Tips Ampuh Tingkatkan Imunitas Saat Puasa

Ilustrasi (Foto: iStockphoto/erdikocak)

Jakarta, Batamnews - Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan. Sama seperti tahun lalu, puasa kali ini masih dihantui dengan pandemi Covid-19.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa daya tahan tubuh harus tetap dijaga selama berpuasa agar tidak mudah tertular virus Corona. Ia mengimbau bagi umat muslim yang sedang sakit untuk tidak memaksakan berpuasa.

Selain itu, Wiku juga memberikan sejumlah tips untuk meningkatkan imunitas selama melaksanakan puasa Ramadhan, sebagai berikut.

1. Atur pola makan

Wiku mengatakan imunitas dapat diperkuat dengan menjaga asupan makanan yang berkualitas, seperti makanan tinggi karbohidrat (nasi dan roti) sebagai sumber kalori.

Berikutnya jangan lupakan sumber protein yang berkualitas.

"Telur, ikan, atau daging harus dimakan setiap hari sebagai sumber protein yang merupakan pembentuk imun dan jaringan tubuh lainnya. Sayur dan buah juga tetap harus dimakan dengan rutin untuk mendapatkan mikronutrien esensial," kata Wiku dalam konferensi pers BNPB, Kamis (8/4/2021).

Kemudian ketika berbuka puasa, Wiku mengimbau masyarakat agar tidak berlebihan dalam melahap makanan. Terlebih makanan yang tinggi lemak seperti gorengan sebaiknya dihindari.

"Serta mengurangi konsumsi gula dari takjil dan makanan penutup," ujarnya.

2. Olahraga yang cukup

Menurut Wiku, sebaiknya hindari melakukan aktivitas fisik yang berat saat berpuasa. Apabila ingin berolahraga, maka disarankan untuk memilih olahraga berintensitas ringan-sedang.

"Misalnya, melakukan olahraga ringan secara rutin 3-5 kali seminggu atau olahraga intens dengan durasi yang singkat, kurang dari 30 menit dari biasanya, untuk mencegah kelelahan berat," jelasnya.

"Namun, olahraga juga meningkatkan output cairan dari tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga setelah sahur, sebelum berbuka, atau 1-2 jam setelah berbuka," tambahnya.

Wiku juga mengimbau agar masyarakat meningkatkan asupan cairan sebanyak 1,5-2 kali lipat dari biasanya untuk mencegah dehidrasi dan mengoptimalkan pembentukkan daya tahan tubuh.

3. Ikut vaksinasi

Bagi umat muslim yang masuk ke dalam prioritas vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Wiku mengimbau untuk tetap mengikuti vaksinasi meski sedang menjalani puasa Ramadhan. Pasalnya, ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, terutama dalam melawan infeksi virus Corona.

"Pembentukkan imunitas tersebut dapat disempurnakan dengan pelaksanaan vaksinasi, di mana sesuai dengan arahan Kementerian Agama bahwa vaksinasi tetap akan dilakukan mengingat berdasarkan pertimbangan khusus bahwa injeksi intramuskular tidak membatalkan puasa," ucap Wiku.

"Proses vaksinasi akan dilakukan sebagaimana vaksinasi saat bulan lainnya demi mencapai herd immunity dan target vaksinasi dari pemerintah," tuturnya.

(ruz)
SHARE US :