Catat! Sebaiknya Jangan Lakukan 3 Hal Ini Usai Olahraga

Catat! Sebaiknya Jangan Lakukan 3 Hal Ini Usai Olahraga

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Setelah berolahraga, kamu mungkin sering kali langsung melakukan rutinitas seperti beristirahat, makan, dan mandi. Ternyata, beberapa kebiasaan setelah olahraga tersebut merupakan kesalahan, lho.

Pasalnya, sejumlah kebiasaan atau rutinitas yang dilakukan setelah olahraga justru menyebabkan hasil olahraga menjadi tidak optimal, terutama bagi orang-orang yang berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari laman Very Well Fit berikut 3 kesalahan yang kerap dilakukan setelah olahraga.

1. Makan berlebihan

Usai berolahraga, sering kali perut terasa sangat lapar, sehingga saat melihat makanan menjadi kalap dan sulit mengontrol diri. Memberikan tubuh asupan nutrisi setelah olahraga memang penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, jenis makanan yang dimakan setelah olahraga juga penting untuk diperhatikan.

Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kombinasi karbohidrat dan protein setelah berolahraga. Hal ini bertujuan untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama berolahraga.

Makan berlebihan setelah olahraga justru akan membuat olahraga menjadi sia-sia, terutama bagi orang-orang yang sedang dalam proses penurunan berat badan. Sehingga, jika kamu bertujuan untuk memangkas berat badan, kamu harus betul-betul memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi, termasuk jumlah kalorinya.

2. Melewatkan stretching

Melakukan stretching atau peregangan otot setelah berolahraga sangat penting untuk dilakukan. Alih-alih langsung bergegas untuk beristirahat, kamu harus menyelesaikan sesi olahraga dengan stretching terlebih dahulu.

Pasalnya, stretching usai berolahraga dapat menjaga kesehatan sendi, otot, dan mencegah terjadinya cedera. Bahkan, peregangan ini juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur, lho.

Setelah selesai olahraga, kamu bisa melakukan stretching selama 10-15 menit untuk melatih fleksibilitas tubuh. Setelah itu, kamu baru boleh lanjut melakukan aktivitas lainnya.

3. Langsung beristirahat

Langsung bergegas untuk rebahan atau beristirahat usai berolahraga merupakan kesalahan paling umum yang sering kali dilakukan. Meski tubuh dan otot membutuhkan istirahat dan rileks usai lelah berolahraga, kamu disarankan untuk tetap aktif setelahnya.

Apabila kamu lanjut melakukan gerakan sederhana usai berolahraga, maka hal ini akan membantu sendi agar lebih lentur. Selain itu, NEAT (non-exercise activity thermogenesis) atau aktivitas fisik sehari-hari di luar olahraga, dapat mempercepat penurunan berat badan.

Jadi, saat seseorang tetap aktif secara fisik setelah berolahraga, maka tubuhnya akan lebih mudah membakar kalori selama beraktivitas sepanjang hari. Bahkan, jumlah kalori yang terbakar saat NEAT bisa saja lebih banyak daripada saat berolahraga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews