Mahasiswa Polbangtan Malang Kembangkan Sistem Penyiraman Teknologi Robotik di Lingga

Mahasiswa Polbangtan Malang Kembangkan Sistem Penyiraman dengan Teknologi Robotik di Lingga, saat ini teknologi tersebut dalam proses perakitan (Foto:ist)

Lingga, Batamnews - Sebanyak 3 orang mahasiswa semester VI jurusan Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan Polbangtan Malang asal Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), melakukan magang di Desa Sungai Besar, Lingga Utara.

Ketiganya adalah Andrean Zeka, Zikrullah dan Yunitha Ahda Lestari. Mereka didampingi Raihan Primady Pawennari, seorang mahasiswa senior dari Polbangtan Malang yang juga sedang melakukan penelitian di Desa Sungai Besar.

"Kebetulan, saya juga sedang melakukan penelitian di Sungai Besar. Jadi, kami ikut mendampingi adik-adik yang magang ini, untuk lebih mengenal tentang pertanian, khususnya budidaya padi," kata Raihan kepada wartawan, Kamis (8/4/2021).

Menurut dia, kegiatan magang para mahasiswa Polbangtan Malang di Sungai Besar itu, merupakan bagian dari upaya memperdalam ilmu yang diperoleh dari kampus tentang pemupukan, pengendalian organisme pengganggu tanaman dan budidaya tanaman padi.

"Kalau saya sendiri, sedang penelitian dan ujicoba pemanfaatan sistem penyiraman springkel dengan teknologi robotik pada budidaya tanaman sayur pakcoy," ungkapnya.

Sistem penyiraman springkel dengan teknologi robotik yang sedang diujicoba Raihan di Sungai Besar itu, merupakan teknologi baru di dunia pertanian, khususnya di Provinsi Kepri.

"Penyiraman dengan teknologi robotik ini, merupakan suatu gebrakan inovasi terbaru di Polbangtan Malang. Sistem robotiknya harus terhubung ke internet," jelasnya.

Putra peraih Anugerah Pahlawan Inovasi Teknologi tahun 2015, Ady Indra Pawennari ini menambahkan, uji coba prototype penyiraman dengan teknologi robotik sudah berhasil dilakukannya di Malang.

"Cuma, untuk di Sungai Besar ini, kendalanya susah sinyal internet," sebutnya.

Berdasarkan izin pelaksanaan magang yang ditandatangani oleh Plt. Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Abdul Farid, mahasiswa Polbangtan Malang, asal Lingga angkatan 2018 itu, diizinkan magang mulai 29 Maret hingga 11 Juni 2021.

(ruz)
SHARE US :