Diskon Tarif Listrik April 2021 Sudah Bisa Diklaim, Cek Caranya

Diskon Tarif Listrik April 2021 Sudah Bisa Diklaim, Cek Caranya

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Pelanggan PLN masih mendapatkan stimulus berupa diskon tarif listrik selama bulan April hingga Juni 2021 mendatang. Stimulus diskon tarif listrik itu diberikan kepada pelanggan bersubsidi yang terdampak pandemi Covid-19.

Pelanggan yang mendapatkan diskon tersebut adalah kelompok masyarakat dan bisnis kecil yang terdampak pandemi, dan sudah pernah mendapatkan token listrik gratis atau diskon listrik sejak April 2020 hingga Maret 2021.

Akan tetapi, bentuk stimulus kali ini berbeda dengan sebelumnya. Misalnya saja pelanggan 450 VA subsidi yang sebelumnya diberi diskon 100% alias token listrik gratis, kini diganti dengan diskon tarif listrik 50%/ Lalu, pelanggan 900VA subsidi yang sebelumnya diberikan diskon 50%, kini diganti dengan diskon 25%.

Bulan April ini, pelanggan bersubsidi tersebut sudah bisa memperoleh diskon tarif listrik. Berikut cara mendapatkannya:

- Untuk pelanggan listrik paskabayar, diskon tarif listrik akan dipotong langsung dari tagihan.
- Untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan ketika membeli token. Terutama untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan Whatsapp, maupun PLN Mobile. Stimulus bisa didapatkan langsung ketika membeli token listrik.
- Lalu untuk pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA paskabayar karena ada perubahan besaran stimulus, maka diskon langsung didapatkan saat membayar rekening.

"Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50%," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, berikut rincian pelanggan yang mendapatkan diskon listrik PLN periode April-Juni 2021:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon tarif listrik 25% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50% bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Perlu diketahui, untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan diskon tarif listrik sebesar 50% hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews