Nizar-Neko Serius Perhatikan Suku Laut di Lingga, Ini Buktinya

Nizar-Neko Serius Perhatikan Suku Laut di Lingga, Ini Buktinya

Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat menghadiri presentasi kajian dan rancangan Perbup tentang pemberdayaan suku laut, Minggu (4/4/2021) malam.

Lingga, Batamnews - Peraturan Bupati (Perbup) Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), tentang pemberdayaan masyarakat suku laut bakal segera terbit. Presentasi kajian dan rancangan Perbup tersebut sudah pun dilakukan, Minggu (4/4/2021) malam.

Kepala Bagian (Kabag) Hukum di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, M Jais mengatakan, presentasi kajian dan rancangan Perbup ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan pertama yang telah dilaksanakan pada 4 Februari 2021 lalu.

"Pertemuan pertama itu mengenai penyusunan draf/rancangan produk hukum daerah tentang perlindungan dan pemberdayaan suku laut Kabupaten Lingga," kata dia kepada Batamnews, Selasa (6/4/2021).

Ia menjelaskan, presentasi ini disampaikan oleh Ketua Tim Kajian Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Dr Oksep Adhayanto.

Adapun tujuan dibuatnya kajian ini yaitu untuk mewujudkan pemenuhan dan kebutuhan, hak-hak dasar, serta kesejahteraan masyarakat suku laut yang ada di Kabupaten Lingga.

"Dengan adanya pemberdayaan terhadap masyarakat suku laut ini, maka kebutuhan seperti permukiman, sanitasi, administrasi kependudukan, kehidupan yang beragama, kesehatan, pendidikan, ketahanan pangan, ketenagakerjaan, sosial dan lingkungan hidup mereka dapat terpenuhi," ujar Jais.

Untuk mendukung keberhasilan pemberdayaan tersebut, dapat dilakukan mulai dari pemetaan, penjajakan awal, penyusunan rencana serta program-program kegiatan yang dapat dilakukan pada lintas sektor perangkat daerah Kabupaten Lingga bersama instansi terkait.

Sehingga, tujuan pemberdayaan dapat tercapai dengan mengikut sertakan dan partisipasi perguruan tinggi, ormas, serta masyarakat suku laut.

"Selama ini kita belum ada Perbup tentang suku laut ini. Makanya kita buat kajian dan susun draf Perbup nya. Paling lama satu minggu lagi setelah perbaikan atau penyempurnaan, kita proses untuk ditanda tangani Pak Bupati," jelasnya.

"Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal kepemimpinan Nizar-Neko sebagai bentuk kerja nyata serta pengabdian kita kepada masyarakat suku laut. Pemkab Lingga akan terus bekerja sama dengan fisip UMRAH dalam berbagai kegiatan pengabdiannya kepada masyarakat khususnya masyarakat suku laut di Kabupaten Lingga," pungkas Jais.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews