https://www.batamnews.co.id

Dua Kesalahan Saat Sarapan yang Bikin Berat Badan Gagal Turun

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Sarapan merupakan salah satu sesi makan yang terpenting bagi orang yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan. Melewatkan sesi ini bisa mengacaukan target penurunan berat badan.

"Makan sarapan yang sehat dapat membantu Anda menghindari terlalu lapar dan kemudian makan berlebihan di kemudian hari," kata Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada laman webnya.

Tetapi tidak semua sarapan dapat membuat berat badan menjadi turun ataupun seimbang.

"Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini-dan membuat perubahan gaya hidup yang realistis dan tahan lama-adalah dengan makan sarapan yang sehat setiap pagi," kata Tina Haupert seorang influencer gaya hidup yang juga merupakan ahli gizi.

Tina menjelaskan sarapan pada pagi hari yang tepat dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Meski begitu, sarapan yang tidak tepat dapat menggagalkan upaya penurunan berat badan jika tidak berhati-hari.

Dikutip dari Health, berikut ini adalah beberapa kesalahan saat sarapan yang dapat membuat diet penurunan berat badan tidak berhasil.

1. Menunda sarapan

Penelitian menemukan bahwa sarapan di pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme, terlebih saat mengonsumsi sarapan dalam waktu 30-60 menit setelah bangun tidur.

Hal tersebut dilakukan guna memanfaatkan potensi pembakaran lemak pada tubuh sepenuhnya. Selain itu, memastikan bahwa tubuh tidak berada dalam keadaan saat lapar, membuat makan di kemudian hari menjadi lebih terkontrol porsinya.

2. Tidak mengonsumsi protein

Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan protein saat sarapan seperti telur dan yogurt ternyata dapat menangkal rasa lapar dan membantu seseorang makan lebih sedikit sehingga dapat menurunkan berat badan dengan defisit kalori.

Konsumsi makanan tinggi protein saat sarapan menjadi pilihan yang tepat karena protein dicerna tubuh lebih lambat daripada sarapan lainnya.

"Studi menemukan bahwa wanita yang makan sarapan telur kehilangan berat badan dua kali lebih banyak daripada wanita yang memulai hari-hari mereka dengan bagel," kata Tina.

"Protein dalam telur meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, yang membantu Anda makan lebih sedikit kalori sepanjang hari," tambahnya.

(ruz)