Apes! Baru Dapat 25 Kilogram Curi Ikan di Natuna, KIA Vietnam Ditangkap

Apes! Baru Dapat 25 Kilogram Curi Ikan di Natuna, KIA Vietnam Ditangkap

Bakamla berhasil tangkap kapal ikan asing di perairan Natuna (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam kembali ditangkap oleh Kapal Patroli Bakamla RI, di perairan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (2/4/2021). Aparat pun sempat mengeluarkan tembakan ke KIA tersebut.

Penangkapan KIA ini bermula pukul 23:00 WIB. Saat itu, KN Pulau Dana-323 yang sedang melaksanakan patroli operasi Garda Nusa V tahun 2021 wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia sektor Barat mendeteksi adanya 1 kapal pada kontak radar.

"Posisi kapal berada pada 8 Nautical Mile (NM) didalam garis batas landas kontinen dan melaju dengan kecepatan 1,5 knot," ucap Direktur Operasi Laut Bakamla, Laksma Suwito, Sabtu (3/4/2021).

Lebih lanjut, kapal patroli mendekati kontak. Namun, kapal asing tersebut malah mematikan lampu kapal dan berusaha kabur dengan menambah kecepatan hingga 7 knot. Petugas Visit Board, Search and Seizure (VBSS) pun mendekat dengan menggunakan RHIB.

Diduga kapal target tidak kooperatif karena berusaha kabur, pengejaran dilakukan dan penembakan dilepaskan ke udara namun kapal tersebut tidak menghiraukan.

Kemudian, setelah beberapa kali melakukan penembakan peringatan, petugas melepaskan tembakan tepat pada bagian haluan yang terlihat oleh nahkoda. Kapal akhirnya melambat dan berhasil dilumpuhkan.

Menurut pemeriksaan awal, kapal berbendera Vietnam dengan lambung BD 311xx-ts diketahui baru saja berlayar dari Vietnam menuju perairan Indonesia untuk mencari ikan. Sebab, tangkapan ikan baru mencapai 25 kilogram (kg) dan palka kapal dipenuhi oleh bongkahan batu es.

Selanjutnya, kapal dan seluruh ABK yang berjumlah 6 orang dikawal menuju pangkalan Batam guna menjalani proses hukum lebih lanjut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews