Kepri Tetap Jalankan Vaksinasi Saat Ramadan, Kadinkes Antisipasi Hal Ini

Kepri Tetap Jalankan Vaksinasi Saat Ramadan, Kadinkes Antisipasi Hal Ini

Wali Kota Batam, Rudi menjalani vaksinasi Covid-19. (Foto: Dok. Batamnews)

Tanjungpinang - Program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat Provinsi Kepri saat Ramadan diupayakan akan dilakukan pada malam hari. Hal itu agar target pemberian vaksin nasional tercapai.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Mochammad Bisri mengatakan hal itu harus dipertimbangkan dengan matang pelaksanaannya.

"Vaksinasi pada malam hari, tentunya memerlukan vaksinator atau petugas yang siap, selain itu harus penerangan yang memadai," kata Bisri, Sabtu (27/3/2021).

Untuk itu tambah Bisri, vaksinasi malam saat Ramadan masih perlu dipertimbangkan, karena perlu pesiapan yang matang dan memadai. Di lain sisi pihaknya juga mengejar target pemberian vaksin secara nasional.  

"Pemerintah melalui Kemenag dan MUI, sudah menyampaikan bahwa vaksin ini tidak membatalkan puasa. Sehingga, nantinya akan dilakukan secara maksimal pada bulan Ramadan ini," ujarnya.

Secara medis vaksinasi juga tidak berdampak negatif terhadap daya tahan tubuh bagi orang yang berpuasa.

"Tentunya itu sudah dilakukan penelitian oleh tim ahli, sehingga pemerintah membolehkan orang di vaksin saat puasa. Paling dampak vaksinasi saat siang atau sore hari, muncul lemas dan ngantuk dan itu hal yang biasa," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews