67 Atlet Panahan Berlaga di Tanjungpinang Memanah 2021

67 Atlet Panahan Berlaga di Tanjungpinang Memanah 2021

(Foto: Afriadi/batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Sebanyak 67 atlet panahan yang berasal dari sejumlah klub di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berlaga dalam kejuaraan Tanjungpinang Memanah yang digelar di Lapangan Sepakbola STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang, Sabtu (20/3/2021). 

Ketua Panitia Tanjungpinang Memanah, Hendra Saputra mengatakan, ajang ini merupakan iven perdana yang dilakukan pada tahun 2021 ini di Kota Tanjungpinang. Dalam iven tersebut diikuti puluhan peserta atlet panahan senior maupun junior yang ada di Provinsi Kepri.

"Iven ini berlangsung selama 2 hari, Sabtu dan Ahad. Pesertanya sebanyak 67 orang dari berbagai klub panahan yang ada di Kepri," kata Hendra saat ditemui di lokasi lomba.

Iven Tanjungpinang Memanah itu memperlombakan tujuh kategori yakni Standar Pemula SD Kelas 1-3 putra putri jarak 5 meter, Standar Bow SD Kelas 4-6 putra putri jarak 10 meter. Kemudian, Standar BOW SMP dengan jarak 15 meter dan Standar BOW SMA 20 meter.

Selain itu, ada juga kategori Barebow Pemula Open jarak 20 meter, Compound BOW Open 30 meter dan Barebow Series Open dengan jarak 50 meter.

"Barebow Series 50 meter ini pertama kali digelar tahun ini. Nanti, akan ada juga series 2 dan 3, bisa digelar di Tanjungpinang lagi, atau Batam karena Barebow Series ini akan dilaksanakan per 3 bulan atau 4 bulan sekali," ungkapnya.

Hendra menuturkan, bahwa iven panahan ini digelar agar olahraga panahan tetap eksis di tengah masyarakat. Selain itu, iven ini juga sekaligus wadah bagi anak-anak maupun atlet panahan dewasa untuk mengukur kemampuannya yang selama telah gigih berlatih.

"Iven ini digelar agar supaya anak-anak berlatih lagi, otot, feeling, karena kalau sebulan saja tak latihan, maka sangat berpengaruh dengan kemampuannya. Di Kepri, khususnya kategori Barebow 50 meter cukup kalah ketinggalan dengan di daerah Jawa sana," tuturnya.

Sementara itu, Pengurus Cabang Persatuan Panahan Indonesia (Pengcab Perpani) Kota Tanjungpinang, Muhammad Syukri menambahkan, Perpani Tanjungpinang mendukung penuh seluruh kegiatan panahan, termasuk iven Tanjungpinang Memanah Barebow Series tersebut.

"Perpani juga membantu dalam pelaksanaan, administrasi dan perlengkapannya, termasuk hadiahnya," ujanya.

Ia berharap, dengan digelarnya iven itu akan muncul banyak pemanah yang handal di ibu kota Provinsi Kepri, khususnya pemanah junior. 

"Perpani akan selalu mendukung pemanah untuk menjadi atlet-atlet yang berprestasi di Kota Tanjungpinang ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, pemanah yang memperoleh poin tertinggi dalam iven Tanjungpinang Memanah Barebow Series ini akan mendapatkan hadiah, sertifikat dan medali. 

Dalam pelaksanaan iven tersebut, panitia menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran Covid-19. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews