WhatsApp, Facebook dan Instagram Sempat Down, Ini Penyebabnya

WhatsApp, Facebook dan Instagram Sempat Down, Ini Penyebabnya

Ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Tiga platform media sosial dan percakapan yang terafiliasi dengan Facebook dilaporkan tumbang pada Sabtu (20/3/2021) dini hari.

Juru bicara perusahaan Facebook Leslie Grant, sebagaimana dilansir Techcrunch, tidak menyebutkan secara spesifik penyebab tumbangnya tiga platform itu.

Secara diplomatis, ia menyebut ketiga platform tersebut down lantaran masalah teknis yang menyebabkan pengguna kesulitan mengakses.

"Kami menyelesaikan masalah ini untuk semua pengguna. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata dia.

Di sisi lain, akun resmi Facebook Gaming di Twitter mengungkapkan masalah yang kurang lebih serupa.

"Ada sejumlah masalah yang saat ini memengaruhi produk Facebook, termasuk gaming streams. Beberapa tim sedang mengerjakannya, dan kami akan mengabari Anda jika kami kembali normal," tulis Facebook Gaming.

Tumbangnya WhatsApp dan Instagram menjadi trending topik di Twitter. Ada lebih dari 140 ribu cuitan dan 1,2 juta cuitan yang menyinggung soal WhatsApp down dan Instagram Down.

Kebanyakan dari warganet menjelaskan tidak bisa mengirim pesan via WhatsApp dan tak dapat mengunggah postingan atau refresh feed di Instagram.

Selain WhatsApp dan Instagram, berdasarkan pantauan kami di situs Downdetector, baik Facebook dan Messenger juga tumbang.

Di situs Downdetector, sekitar pukul 01.20, terpantau ada lebih dari 112.000 pengguna Instagram, 24.000 pengguna WhatsApp, dan 6.000 pengguna Facebook melaporkan tumbangnya ketiga platform itu.

Kondisi tersebut terjadi di sejumlah negara Eropa, Australia, Asia, Afrika, dan juga Asia Tenggara.

Hingga saat ini, Facebook yang juga pemilik WhatsApp dan Instagram, belum memberikan keterangan terkait masalah ini.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews