Waspada! Varian Baru Corona Brasil `P1` Mulai Masuk Asia Tenggara

Waspada! Varian Baru Corona Brasil `P1` Mulai Masuk Asia Tenggara

Ilustrasi

Jakarta - Varian baru Corona Brasil yang dikenal dengan P1 kini sudah menyebar ke Asia Tenggara, tepatnya di Filipina. Kementerian Kesehatan Filipina mengatakan kasus ini teridentifikasi pada seorang warganya yang baru pulang dari Brasil.

Dikutip dari Reuters, kasus ini ditemukan setelah memeriksa sebanyak 752 sampel di pusat genom. Melihat varian Corona yang disebut sangat menular ini, membuat kementerian kesehatan setempat menghimbau warganya untuk tetap waspada.

"Kepatuhan dan konsisten masyarakat terhadap protokol kesehatan akan mencegah penularan varian ini," tulis Kementerian Kesehatan Filipina dalam sebuah pernyataan, Sabtu (13/3/2021).

Varian Brasil yang dikenal dengan P1 atau 501Y.V3 ini pertama kali dilaporkan pihak otoritas kesehatan Jepang pada empat orang yang kembali dari Brasil, pada pertengahan Januari lalu.

Selain itu, varian ini juga menjadi perhatian karena memiliki mutasi yang berpotensi membuatnya lebih mudah menular dan resisten terhadap vaksin.

Sampai saat ini, Filipina masih menjadi negara kedua dengan kasus Covid-19 tertinggi di Asia Tenggara. Sebagai upaya perlawanannya, negara tersebut terus meningkatkan program vaksinasi yang dimulai pada 1 Maret.

(ruz)
Komentar Via Facebook :