Vaksin Novavax Bakal Dipakai di RI, Seberapa Efektif Lawan Corona?

Vaksin Novavax Bakal Dipakai di RI, Seberapa Efektif Lawan Corona?

Ilustrasi

Jakarta - Vaksin Covid-19 buatan Novavax 86 persen efektif mengatasi virus Corona varian Inggris. Hasil ini diketahui dalam uji klinis tahap akhir yang dilakukan di Inggris. Tak hanya itu, vaksin Novavax juga 96 persen efektif mencegah infeksi virus Corona versi asli.

Data gabungan dari orang yang terinfeksi kedua varian virus Corona mengungkap bahwa vaksin Novavax secara keseluruhan 90 persen efektif.

Mengutip Reuters, dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa tidak ada kasus penyakit parah atau efek kematian di antara para relawan yang telah disuntikkan vaksin. Lebih dari 15 ribu orang berusia 18 hingga 84 tahun menjadi relawan dalam uji coba klinis di Inggris.

Pada Januari lalu Novavax telah mengirim data efikasinya ke Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA) Inggris. Hasil analisis akhir uji coba klinis di Inggris sebagian besar sejalan dengan data sementara yang dirilis pada Januari lalu.

Sementara itu, dalam uji coba skala yang lebih kecil di Afrika Selatan, efikasi vaksin Novavax hanya sekitar 55 persen. Tetapi angka tersebut masih memenuhi syarat WHO untuk mencegah penyebaran penyakit dan kematian.

Efektivitas Novavax dalam uji coba di Afrika Selatan menurun sekitar 49 persen ketika hasil analisis menyertakan data dari relawan yang terpapar Covid-19 dan dinyatakan positif HIV.

Novavax akan menggunakan data efikasi ini untuk mengajukan otorisasi izin penggunaan darurat di berbagai negara. Namun tidak jelas kapan pengajuan otorisasi diajukan di AS yang saat ini masih dalam tahap uji coba.

AS kemungkinan dapat memberikan izin penggunaan vaksin Novavax paling cepat pada Mei jika regulator memutuskan data uji klinis di Inggris telah memadai. Sebaliknya, proses perizinan bisa memakan waktu lebih lama jika regulator AS tetap menunggu hasil uji klinis di sana.

CEO Novavax Stanley Erck kepada Reuters, mengatakan pihaknya menargetkan bisa memproduksi puluhan juta dosis vaksin yang siap dikirim ke AS ketika izin otorisasi telah keluar.

Novavax berencana untuk memproduksi vaksin di delapan lokasi manufakturnya, termasuk Serum Institute of India.

Indonesia menjadi salah satu negara yang telah menandatangani perjanjian pembelian 50 juta dosis vaksin Novavax. Penandatanganan dilakukan antara Novavax dengan Indofarma yang disaksikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews