Pedas! Harga Cabai Sempat Lebih Mahal dari Daging Sapi

Pedas! Harga Cabai Sempat Lebih Mahal dari Daging Sapi

Ilustrasi

Jakarta - Harga cabai rawit merah belakangan ini terus menanjak drastis. Nggak kira-kira, pekan lalu harganya diketahui mencapai Rp 150.000 per kilogram, lebih mahal dari harga daging sapi seharga Rp 120.000 per kilogram.

Kenaikan itu diungkapkan oleh salah satu pedagang sayur di pasar tradisional, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Meski demikian, harga cabai rawit merah kini turun menjadi Rp 120 ribu per kilogram, namun masih terbilang mahal dari tahun lalu.

"Sekarang saya jual Rp 120 ribu per kilogram. Ini sudah turun, minggu kemarin sempat Rp 150 ribu per kilonya," ujar pedagang sayur bernama Koyah, seperti dilansir dari detikcom, Rabu (10/3/2021).

Koyah menduga kenaikan harga cabai rawit merah ini karena faktor cuaca ekstrem. Dia pun mengeluhkan kenaikan harga, yang menyebabkan dirinya harus mengurangi stok cabai yang akan dijual.

"Ya sekarang saya jadi mengurangi stok. Tadinya beli 10 kilo sekarang jadi beli 5 kilo aja, ini gara-gara cuaca kayanya. Semenjak corona juga," lanjutnya.

Di tempat berbeda, harga cabai rawit merah juga sempat mengalami kenaikan Rp 150 ribu per kilogram. Hal itu dikatakan oleh salah satu pedagang bumbu di Pasar Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Ini sekarang sudah turun jadi Rp 120 ribu per kilogram, sebelumnya sempat Rp 150 ribu," kata pedagang bumbu bernama Hadi.

 

Dia juga mengeluhkan kenaikan harga cabai rawit merah ini, hingga akhirnya terpaksa menurunkan stok hingga tiga kali. Tidak hanya itu, pedagang itu juga mengungkap pelanggannya juga mengurangi pembeliannya.

"Sekarang saya turunin beli di Kramat Jati, tadinya 20 kilo jadi turun 3 kali lipat, 5 kilo aja. Pembeli juga belinya berkurang, warung makan tadinya beli 1 kilo jadi 1/2 kilo," kata Hadi.

Hadi berharap, jelang Ramadhan dan Hari Raya Lebaran harga cabai rawit merah bisa turun ke harga normal, di bawah Rp 100 ribu per kilogram dan pemerintah bisa menjamin itu.

"Ya harapannya, harga bisa turun lagi aja di bawah Rp 100 ribu per kilonya. Kalau pemerintah bisa menjamin, saya juga berharap begitu," pungkas Hadi.

Sementara harga cabai rawit merah melonjak, harga cabai lainnya ditemukan cukup stabil. Cabai merah panjang dan cabai rawit hijau stabil di harga Rp 60 ribu per kilogram. Cabai merah besar dan cabai hijau besar juga stabil di harga Rp 40 ribu per kilogram.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews