Menhub Budi Karya Resmikan Dermaga II Pelabuhan Punggur, Ini Layanan Rute Barunya

Menhub Budi Karya Resmikan Dermaga II Pelabuhan Punggur, Ini Layanan Rute Barunya

Menhub Budi Karya Sumadi saat peresmian Dermaga II Pelabuhan Punggur. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Dermaga II Telaga Punggur diresmikan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi, Kamis (25/2/2021) sore.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi menjelaskan, pembangunan Dermaga II ini menggunakan dana mandiri dari PT ASDP Indonesia, yang totalnya hampir Rp60 miliar.

“Kapasitasnya juga bertambah, sebelumnya di dermaga pertama hanya untuk kapal dengan ukuran 5.000 GT, sekarang menjadi 10.000 GT,” ujarnya.

Peresmian yang dihadiri sejumlah pejabat daerah itu dengan membunyikan sirine oleh Menhub.

Budi menuturkan infrastruktur untuk aktivitas kelautan di Kepri mutlak dilaksanakan.

“Transportasi laut antar pulau di Kepri ini, adalah milik masyarakat kebanyakan. Berarti kita tidak boleh menarik benefit yang terlalu tinggi, karena mereka harus sampai di kampungnya atau balik ke Batam untuk bekerja,” ujarnya.

Dengan bertambahnya dermaga di Telaga Punggur ini, Budi menjelaskan bahwa akan ada penambahan jumlah kapasitas trayek dan rute.

Untuk dermaga baru sesuai informasi dipakai untuk pelayaran jarak jauh seperti ke Kuala Tungkal, Tanjungbalai Karimun, Dabo dan Selari.

Budi menyebutkan pembangunan dermaga di Telaga Punggur ini dibangun dengan susah payah, untuk itu dia meminta kepada seluruh pihak untuk menjaga pelabuhan ini.

“Biasanya kita pandai membangun, tapi tidak pandai merawat. Rawat secara fisik dan merawat secara bisnisnya agar ini tetap bisa jalan,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews