https://www.batamnews.co.id

UMKM di Batam Curhat ke Raden Hari, dari Masalah Aturan hingga Pemasaran

Raden Hari saat mencoba membatik saat mengunjungi UMKM di Batam (Foto:ist)

Batam - Wakil Ketua II DPRD Kepulauan Riau (Kepri), Raden Hari Tjahyono berharap Pemprov Kepri mencari jalan keluar untuk mengatasi permasalahan UMKM di Kota Batam khususnya dan kabupaten/kota di Kepri umumnya.

Hal ini disampaikan Raden Hari disela-sela kegiatan kunjungan kerja ke beberapa tempat produksi UMKM, Rabu (24/2/2021).

"Pagi tadi saya bersama Kadis UMKM Kota Batam mengunjungi beberapa UMKM yang bergerak di bidang batik  dan makanan frozen. Banyak yang mereka keluhkan utamanya saat Pandemi Covid-19 saat ini," kata dia.

Ditambahkan Raden Hari, mereka mengeluhkan persoalan aturan yang tidak bisa sebebas dulu untuk mengirim barang ke luar Kota Batam karena ada kebijakan Bea Cukai dan persoalan pemasaran.

"Dua hal di atas menurut saya perlu diatasi dan dicarikan solusi, dari kunjungan kerja ini nanti akan kita sampaikan ke Pemprov karena memang bagian dari kerja-kerja dewan untuk mengadvokasi persoalan rakyat," ujarnya.

Menurut Raden Hari, UMKM punya peranan penting dalam  pertumbuhan ekonomi di Kepri.

"Saat kondisi sulit seperti ini tentu UMKM perlu dibantu karena UMKM selama ini sudah banyak membantu perekonomian di Kepri. Ada banyak bantuan yang bisa dilakukan misal bantuan modal tanpa bunga, promosi dan kebijakan yang pro UMKM," pungkasnya.

(ruz)