Tambang Pasir Ilegal Ancam Keselamatan Penerbangan di Bandara Hang Nadim

Tambang Pasir Ilegal Ancam Keselamatan Penerbangan di Bandara Hang Nadim

Aparat TNI AU dan Ditpam BP Batam mengamankan alat sedot pasir di wilayah keselamatan penerbangan Bandara Hang Nadim. (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Aktivitas ilegal masih saja terjadi di wilayah Kawasan Keselamatan Operasional Penerbangan (KKOP) Lanud Hang Nadim, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Tak hanya temuan peternakan babi ilegal, namun juga aktivitas perusakan lingkungan yakni penambangan pasir secara liar.

Hal ini tergambar dari temuan Lanud Hang Nadim Batam dan Ditpam BP Batam. Instansi tersebut menyita mesin penyedot pasir dan kemudian membakarnya pada Rabu (17/2/2021) siang.

Kepala Dinas Operasi Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo mengatakan, sebelumnya pihaknya dan petugas Ditpam BP Batam sudah memperingatkan para penambang liar itu, namun tidak dihiraukan.

Tim gabungan langsung melakukan penindakan dan berhasil mengamankan 6 mesin penyedot pasir di beberapa titik.

“Sudah ada 6 mesin sedot pasir yang kami amankan dan kami sita. Kami juga menghanguskan semua barang-barang, agar tidak terjadi lagi penambangan pasir ilegal di wilayah KKOP,” ujar Wardoyo.

Wardoyo menjelaskan, penertiban itu dilakukan karena dapat membahayakan, membuat kerusakan kepada penyangga kawasan Hang Nadim Batam.

“Kami akan melakukan kegiatan ini secara terus menerus, baik dengan sosialisasi maupun tindakan tegas dari aparat,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews