Tata Cara Penerimaan Siswa Baru di Batam Tahun Ini

Tata Cara Penerimaan Siswa Baru di Batam Tahun Ini

ilustrasi. (Foto: sekolahnews.com)

Batam - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 masih tetap dilakukan secara online. Alasannya saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan, proses PPDB secara online diputuskan berdasarkan surat edaran dari Menteri Kebudayaan dan Pendidikan (Mendikbud) RI.

"PPDB tahun ini masih online sesuai dengan edaran dari Menteri Pendidikan," ujar Hendri Senin (15/2/2021).

Ia menegaskan bahwa tahapan PPDB dilakukan sama seperti tahun lalu, supaya orang tua tidak perlu ke sekolah. Agar menghindari kerumunan.

"Secara tegas dikatakan tak boleh berkumpul. Jadi tetap kita selenggaran seperti tahun lalu," katanya.

Tak hanya pendaftaran sekolah, sistem belajarnya juga direncanakan masih dilakukan dalam jaringan (daring/*online). Terutama untuk tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

"Kalau SMP tergantung sekolahnya. Bisa tatap muka ataupun bisa online," katanya.

Dalam surat resmi yang dikeluarkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, pendaftaran Tingkat Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan pada 10 - 26 Juni 2020.

Surat yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan ini, menindaklanjuti Peraturan Wali kota Batam Nomor 3 tahun 2020 tanggal 23 Januari 2020 tentang pedoman PPDB, serta surat Wali kota Batam Nomor 16/419.1/DISDIK/V/2020 tanggal 8 Mei 2020 tentang pelaksanaan PPDB.

Adapun tahapan yang harus ditempuh untuk mendaftar PPDB secara daring ini yaitu calon peserta PPDB mengisi formulir pendaftaran secara online pada website http://ppdb-batam.id dan mencetak formulir PPDB pada website tersebut.

Kemudian calon peserta PPDB mengirim formulir pendaftaran dan dokumen persyaratan lainnya melalui WhatsApp ke nomor WhatsApp operator sekolah yang telah ditentukan.

Setelah itu, operator sekolah akan memverifikasi peta lokasi peserta PPDB, NIK, tanggal lahir (isian data formulir PPDB) berikut dengan berkas persyaratan lainnya.

Calon peserta PPDB yang telah diverifikasi, dapat mencetak tanda bukti pendaftaran di http://ppdb-batam.id

Pengumuman Tingkat Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dilaksanakan dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan pada 29 Juni 2020 lalu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews