Sistem Baru Pembelajaran Tatap Muka di Tanjungpinang

Sistem Baru Pembelajaran Tatap Muka di Tanjungpinang

Plt Kepala Disdik Kota Tanjungpinang,Tamrin Dahlan. (Foto: Afriadi/Batamnews

Tanjungpinang- Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang berencana memberlakukan sistem pembelajaran tatap muka terhadap seluruh SMP dan SD di Tanjungpinang, Rabu (27/1/2021).

Plt Kepala Disdik Kota Tanjungpinang,Tamrin Dahlan mengatakan, pemberlakuan belajar secara tatap muka ini  berbeda dengan sistem sebelumnya. Dimana program ini lebih mengedepankan keaktifan para siswa dan orang tua dalam berkomunikasi dengan guru-guru di sekolah.

"Setelah kita analisa pemberlakuan belajar secara tatap muka untuk sekolah berada wilayah pinggiran tidak efektif, sehingga kita ubah dengan sistem yang baru, dengan pemberlakuan terhadap seluruh sekolah," katanya.

Tamrin menjelaskan, dengan sistem yang baru ini bahwa para siswa akan berkomunikasi dengan guru untuk penentuan jadwal belajar yang telah ditetapkan sebanyak 4 sesi dengan durasi selama 1 jam setiap mata pelajaran.

"Jadwalnya dari pukul 07.30-14 WIB, nanti guru yang merekap berapa siswa yang datang, gurunya standby di sekolah. Namun kelemahannya sistem ini bahwa guru tidak dapat menjamin lagi tentang capaian klasikal, tapi kita berorientasi capaian kurikulum secara personal," sebutnya.

Ia melanjutkan, salah satu persyaratan yang harus ditaati pihak sekolah dengan sistem ini adalah, siswa yang datang ke sekolah tidak boleh lebih dari 50 persen secara bersamaan dari jumlah seluruh siswa.

"Untuk didalam kelas tidak boleh melebihi 18 orang, untuk itu kita berikan 4 sesi dengan rentang waktu 30 menit antara siswa datang dan pulang, tujuannya agar tidak ada pertemuan antara siswa," jelasnya.

Tamrin menyampaikan, pemberlakuan sistem belajar tatap muka ini baru memasuki tahap sosialisasi. Ia memperkirakan mulai diterapkan awal maret mendatang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews